SBY: Penyerapan Anggaran Harus Lebih Cepat

Presiden SBY bantah pimpin rapat Bank Century
Sumber :
  • Rumgapres/Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhyono memerintahkan para pejabat publik untuk memanfaatkan anggaran sesuai dengan alokasi APBN dan APBD. Semua pejabat juga diharap segera menindaklanjuti daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) tahun anggaran 2013 yang telah mereka terima.

"Jangan ada kemandegan, tidak boleh terlambat. Justru harus lebih cepat," kata Presiden Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Senin 10 Desember 2012.

Pesan SBY kepada para pejabat publik adalah gunakan anggaran secara tepat, transparan, akuntabel, tanpa ada penyimpangan. Sebab pembelanjaan pemerintah (government spending), menurut SBY, adalah komponen penting dalam pertumbuhan ekonomi negara.

"Kalau tidak digunakan dengan baik, hampir pasti menghambat pertumbuhan perekonomian. Sekali lagi, gunakan tepat waktu dan tepat sasaran sehingga tidak menghambat ekonomi. Kalau kita lalai menggunakan ini berarti kesejahtaraan rakyat juga terganggu dan menghambat," tegasnya.

SBY mengingatkan pula bahwa pada pertengahan Januari 2013 akan digelar lagi pertemuan yang akan menghadirkan gubernur, bupati dan walikota dan semua pihak pejabat juga pemerintahan. Pertemuan ini digelar untuk meningkatkan pemahaman bersama tentang perencanaan dan penggunaan APBN terutama untuk mencegah terjadinya kesalahan dan mencegah terjadinya kemungkinan penyimpangan termasuk korupsi.

"Acara itu juga penting agar kita semua terbebas dari keragu-raguan atau kemandegan penggunaan anggaran selama ini," ujarnya.

Pagi tadi, dalam acara puncak peringatan hari antikorupsi, SBY menyampaikan masalah komitmen pemerintah untuk memberantas korupsi dan menjaga sistem agar menjadi bersih. "Bukan hanya itu, kita juga harus memastikan jalannya pemerintahan dan pembangunan jangan sampai terganggu. Dua-duanya harus kita letakkan dengan baik, semua harus kita lakukan agar semua tercipta dengan baik. BPK, BPKP, MK, semua jajaran lembaga negara dan pemerintahan," kata SBY. (eh)

Hasil Pertandingan Pekan Terakhir Premier League 2023/2024
Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Tk I Raden Said Sukanto (RS Polri) Kramat Jati Brigjen Pol Hariyanto saat memberikan keterangan pers di RS Polri Kramat Jati, Jakarta, Minggu malam, 19 Mei 2024.

Ditemukan Luka Benturan Sangat Keras pada Jenazah Korban Pesawat Jatuh, Menurut RS Polri

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Polri Kramat Jati mengatakan tidak ditemukan luka bakar tapi luka benturan sangat keras pada tiga jenazah korban pesawat jatuh di BSD.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024