Aksi Nyentrik PNS Anti Korupsi

Aksi demo unik Ngadiyono
Sumber :
  • VIVAnews/Daru Waskita

VIVAnews - Ikut berkampanye anti korupsi, Ngadiono seorang PNS di Bantul, Yogyakarta, membuat aksi unik. Dia menghias mobil Toyota Hardtop Land Cruiser dengan papan bertuliskan "Hari Korupsi, Gantung Tikus-Tikus" dan "Selamatkan KPK".

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Tak cuma itu, mobilnya juga dihiasi boneka tikus yang mencengkeram uang hasil korupsi di atas kap mobil warna merah tahun 1978. Sebelumnya, pegawai negeri yang segera penisun pada 2013 itu rela menjual mobil pick-up miliknya untuk membantu pembangunan gedung KPK.

Kali ini Ngadiono tak hanya membawa papan dan boneka tikus. Poster-poster kertas bergambar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua KPK Abraham Samad juga ditempel di seluruh badan mobil.

"Kemarin hari anti korupsi sedunia, karena PNS libur, akhir saya undur hari ini," kata Ngadiono di Gedung DPRD Bantul, DIY, usai berkeliling ke dinas-dinas di Pemkab Bantul, Senin 10 Desember 2012.

Tak hanya mendesak penyelesaian kasus korupsi di tingkat nasional seperti kasus Century dan Hambalang yang melibatkan pejabat negara, Ngadiono juga menyoroti penggunaan Dana Kesetiakawanan Sosial dari iuran PNS di Kabupaten Bantul senilai Rp2 miliar.

"Dana tersebut penggunaannya tidak jelas. Jika dimasukkan dalam tabungan, berapa bunga yang diperoleh," katanya.

Ngadiono juga menyoroti pejabat yang sudah memasuki masa pensiun, namun terus diperpanjang menduduki jabatan tertentu, sehingga menghambat karir PNS lain yang lebih produktif. "Ini juga namanya korupsi jabatan," katanya.

Ilustrasi sepeda motor Vespa

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Sepeda motor Vespa memiliki sejarah panjang dan menarik. Lahir di Pontedera pada tahun 1946, Vespa didirikan oleh Enrico Piaggio. Dibuat sebagai solusi transportasi yang

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024