Polri Tarik Lagi Penyidik KPK, Termasuk Novel Baswedan

KPK Geledah Korlantas Mabes Polri
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali harus kehilangan 13 orang penyidiknya pada Desember ini. Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas membenarkan adanya kabar tersebut. Menurutnya penarikan 13 penyidik itu berkaitan sudah habisnya masa tugas di KPK.

"Ada yang sudah empat tahun ada yang delapan tahun. Terhadap SDM penyidik yang ditarik kami kembalikan kepada yang bersangkutan, kembali silakan. Alih status silakan," kata Busyro Muqoddas di Balai Kartini, Jakarta, Rabu, 5 Desember 2012.

Busyro mengatakan, surat penarikan 13 penyidik itu diterima KPK tanggal 30 November lalu. Dari 13 penyidik yang akan ditarik kata Busyro, enam diantaranya sudah mengajukan alih status sebagai pegawai tetap KPK.

Sementara sisanya belum memutuskan apakah akan kembali ke Mabes Polri atau ikut menetap di KPK.  Salah satu penyidik yang habis masa tugasnya per Desember tahun ini adalah Kompol Novel Baswedan.

"Iya betul," ujar Busyro membenarkan bahwa Kompol Novel termasuk dalam rombongan 13 penyidik yang ditarik ke Mabes Polri.

Penarikan 13 penyidik ini menambah daftar panjang penarikan penyidik Polri yang ditugaskan di KPK. Setelah pada September lalu, Polri telah menarik 20 penyidik di KPK. Busyro mengakui, penarikan penyidik ini berdampak pada instabilitas kinerja penyidikan kasus di KPK.

"Jadi kami terus terang, ini tidak saja merugikan KPK. Tapi bisnis proses yang ada. Walaupun penanganan kasus di KPK tidak akan mandek tapi yang jelas terhambat," ucapnya.

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Sebelumnya, Polri menarik 20 penyidik secara bersamaan. Penarikan ini sempat menuai karena beban kerja lembaga antikorupsi itu sedang tinggi. (eh)

Nyamuk aedes aegypti.

Kasus DBD Melonjak Tajam di Jakarta, Dinkes DKI Ungkap Penyebabnya

Dinas Kesehatan saat ini turun tangan untuk mengatasi persoalan kasus DBD di Jakarta, dengan menyosialisasikan para warga untuk melakukan gerakan 3M.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024