NASIONAL

Polda Papua Tambah Pasukan Brimob ke Lany Jaya

Ini untuk dukungan kekuatan pasukan yang sudah dikirim sebelumnya.

ddd
Senin, 3 Desember 2012, 16:32
Pagi tadi terjadi baku tembak aparat TNI-Polri dengan kelompok bersenjata di duga OPM.
Pagi tadi terjadi baku tembak aparat TNI-Polri dengan kelompok bersenjata di duga OPM. (ANTARA/Kristian Ali)

VIVAnews - Pasca baku tembak antara aparat gabungan TNI-Polri dengan kelompok bersenjata yang diduga OPM, yang terjadi senin pagi tadi, Polda Papua mengirim satu SST (Satuan Setingkat Peleton) pasukan Brimob ke Tiom Lany Jaya Papua.

"Sekitar pukul 11.00 WIT hari ini,  satu SST Brimob sudah diterbangkan Wamena, untuk selanjutnya menuju Tiom Lany Jaya," ujar Juru Bicara Polda Papua AKBP I Gede Sumerta Jaya, Senin 3 Desember 2012.

Kekuatan itu, lanjutnya, untuk mendukung pasukan yang sebelumnya sudah dikirim ke Lany Jaya pasca penyerangan Polsek Pirime pada 27 November lalu. "Disana memang sudah ada 2 SST Brimob dan 1 SST TNI dari Yonif 756, satu SST yang kirim lagi untuk mem-back up mereka," ujarnya.

Sementara, satu warga sipil yang tewas tertembak saat aksi baku tembak berlangsung, kata I Gede, saat ini sudah dievakuasi dari Tiom menuju Wamena. "Korban sudah diterbangkan dari Tiom ke Wamena dengan Heli,"singkatnya.

Menurut I Gede, dari hasil penyelidikan kelompok bersenjata yang beraksi di Lany Jaya diperkirakan 100 orang dan memiliki senjata sekitar 20 pucuk. "Mereka sekitar seratusan orang dan terus bergerak berpindah-pindah dengan membawa senjata hasil rampasan," ucapnya.

Mengenai kemungkinan adanya perdagangan senjata gelap, I Gede menyatakan, untuk saat ini pihaknya belum menemukan hal itu. "Kami belum temukan adanya jual beli senjata di Lany Jaya, beda dengan Paniai memang sudah ada," tuturnya.

Sebelumnya, baku tembak antara aparat gabungan TNI-Polri dengan kelompok sipil bersenjata terjadi di Jalan Bokon, Distrik Tiom Lany Jaya, Papua, Senin 3 Desember 2012 sekitar pukul 08.45 WIT. Salah seorang warga tewas tertembak dalam insiden itu.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id