NASIONAL

Para Pemenang Lomba Cipta lagu Daerah 2012

Pemenang nantinya akan dibuatkan CD Lagu Pop Daerah Nusantara.

ddd
Selasa, 4 Desember 2012, 00:01
Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara 2012
Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara 2012  

VIVAnews – Sebagai warisan budaya bangsa Indonesia yang bernilai tinggi, lagu-lagu daerah yang lahir, tumbuh dan berkembang menjadi media ekspresi masyarakat Indonesia sejak dahulu. Bahkan lebih dari 400 suku bangsa di daerah mulai sari Sabang hingga Merauke dengan masing-masing adat dan tradisi menjadi ciri bangsa Indonesia.

Dari kacamata organisasi pariwisata dunia UN-WTO (United Nations World Tourism Organization) memasukkan aspek kekayaan warisan budaya ke dalam dokumen kode etik ”Global Code of Ethics for Tourism, 1999”, dimana Indonesia sebagai negara anggota turut menyepakati dan tercantum ketentuan bahwa pariwisata justru harus menjadi sarana bertumbuh-kembangnya produk-produk seni budaya lokal.

Namun akhir-akhir ini lagu-lagu daerah telah tergilas oleh tumbuhnya kreatifitas anak-anak muda yang berlomba menciptakan lagu-lagu melo bernuansa cinta.

Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk menggugah kembali kecintaan masyarakat terhadap lagu-lagu daerah sekaligus menggali potensi kreatif musisi-musisi daerah. Dan salah satu caranya melalui lomba cipta lagu pop daerah nusantara. 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyelenggarakan Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara 2012 (LCLPDN) dan diprakarsai oleh Ikatan Alumni SMAN VI Yogyakarta, yang diadakan setahun sekali.

Setelah melalui beberapa tahapan dan penjurian oleh beberapa musisi, pada 30 Oktober 2012 lalu dalam ajang Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara 2012 (LCLPDN), para juri akhirnya memilih 3 pemenang dari beberapa daerah.

Pemenang diumumkan pada Minggu, 4 November 2012 di Jakarta, disiarkan oleh stasiun televisi ANTV.  Acara tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat mulai dari Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Republik Indonesia, DPR RI, Kepala Dinas Pariwisata Prov. Riau dan Kepala BPPI.

Berikut adalah para pemenang untuk karya lagu LCLPDN, yaitu;
1.    Juara I dengan Judul Lagu : Sio Ugude, asal bahasa daerah dari Propinsi Papua dengan Pencipta : Nova Anugrah Hani - Ronald Wilson.
2.    Juara II dengan Judul Lagu : Tanah Jawi, asal bahasa daerah dari Propinsi Jawa Timur dengan Pencipta : Dhany Nugraha.
3.    Juara III dengan Judul Lagu : Ingot Toba, asal bahasa daerah dari Propinsi Sumatera Utara dengan Pencipta : Jefri Antonius Situmeang.

Sementara itu, untuk juara harapan I dengan judul lagu “Ranah Bundo” (Propinsi Sumatera Barat) dengan Pencipta, Chika Cecilia Ocktavianny, juara harapan II dengan judul lagu “Lagu Darjo” (Propinsi Jawa Timur) dengan Penciptanya Firman Arif - Fenny Febiany dan juara harapan III dengan judul lagu “Bangkit Budak Melayu” (Propinsi Riau) dengan pencipta, Theja Fathasena.

Kepada semua pemenang nantinya akan dibuatkan CD Lagu Pop Daerah Nusantara. Informasi lebih lengkap tentang kegiatan ini dapat di-akses melalui situs www.cintalagudaerah.com .

Diharapkan dengan adanya LCLPDN 2012 ini dapat membangkitkan motivasi anak bangsa untuk menambah dan memperkaya khasanah lagu daerah yang sudah ada, serta memberi kebanggaan tersendiri bagi sang pencipta lagunya.

Mari kembangkan kreatifitas dalam menciptakan lagu-lagu daerah sebagai wujud nasionalisme. (WEBTORIAL)




© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru