NASIONAL

Kurikulum Pendidikan Akan Berubah Lagi, Mengapa?

Masyarakat diminta memberikan masukan atas rencana ini.
Minggu, 2 Desember 2012
Oleh : Ismoko Widjaya, Nila Chrisna Yulika
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh.

VIVAnews - Pemerintah kini sedang melakukan perubahan kurikulum pendidikan. Rencana perubahan itu sebenarnya sudah digagas sejak 2010. Rancangan itu kini sedang memasuki tahap uji publik. Sejumlah perubahan mendasar antara lain menyangkut materi pelajaran yang berbasis tematik integratif dan ada juga soal penambahan jam pelajaran.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, perubahan kurikulum ini didasari tuntutan zaman. Kebutuhan pasar dari lulusan sekolah juga berubah. "Jadi tidak apa-apa berubah selama memiliki rasionalitas yang kuat," kata Muhammad Nuh dalam keterangan tertulis kepada VIVAnews, Sabtu 1 Desember 2012.

Untuk itu, menurut M Nuh, masyarakat diminta memberikan masukan atas rencana perubahan kurikulum ini. "Kami lempar ke publik demi mendapat tanggapan. Pemerintah tidak boleh sendirian memutuskan perubahan kurikulum itu," katanya.

Kurikulum penyelenggaraan Ujian Nasional, kata M Nuh, akan ditekankan pada dua hal sekaligus yaitu proses dan output.

M Nuh menegaskan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi suksesnya perubahan kurikulum yaitu guru, manajemen sekolah, dan kesiapan buku.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found