NASIONAL

Program Rumah Susun Sederhana di DKI Jakarta

Rusunawa untuk memenuhi kebutuhan penduduk berpenghasilan rendah.
Senin, 3 Desember 2012
Oleh : Ririn Aprilia
Rumah susun

VIVAnews - Seiring dengan perkembangan kota Jakarta, dimana lahan makin terbatas dan mahal, maka mau tidak mau salah satu alternatif solusi pembangunan perumahan di DKI Jakarta  diarahkan kepada pembangunan vertikal atau lebih dikenal dengan pembangunan rumah susun.

Sejak tahun 1994,  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menugaskan Dinas Perumahan melaksanakan pembangunan perumahan dalam bentuk rumah susun sederhana bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah melalui kegiatan  pembangunan rumah susun sederhana sewa beli/milik.

Namun, dengan banyaknya permasalahan yang timbul dalam pengelolaan dan penghunian rusun sewa beli, sehingga mulai tahun 2001 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk sementara waktu hanya membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa).

Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Daerah telah banyak membangun rumah susun sederhana  milik maupun rumah susun sewa, ada yang berhasil, dan ada pula yang memerlukan perbaikan dalam pendekatan dan pengembangannya.

Pemprov DKI Jakarta perlu mengadakan evaluasi menyeluruh atas semua rumah susun yang telah dibangun agar perbaikan fisik, ekonomi, dan sosial budaya berlangsung dengan sebaik-baiknya.

Sangat perlu diusahakan agar para penghuni rumah susun tidak mendapat kesulitan dalam kelangsungan penghidupannya Peranan Pemerintah Daerah dalam Pembangunan Rumah Susun. Sesuai dengan penjelasan Undang-undang No. 20 tahun 2011 tentang Rumah Susun, Pemerintah juga dapat membangun rumah susun untuk keperluan Pemerintah sendiri (kebutuhan khusus).

Hal ini sejalan dengan arah Kebijakan Umum Pembangunan Daerah urusan Perumahan Rakyat sebagaimana tertuang dalam RPJMD  Provinsi DKI Jakarta tahun 2008-2012. Kebijakannya adalah, meningkatkan ketersediaan rumah susun  untuk memenuhi kebutuhan penduduk berpenghasilan rendah.

Tujuan dan sasaran pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) adalah adalah dalam rangka penataan lingkungan permukiman kumuh dan efisiensi lahan yang makin terbatas dan mahal, serta adanya tuntutan kebutuhan perumahan bagi penduduk dalam jumlah besar. Sasarannya adalah dalam rangka pemenuhan kebutuhan akan perumahan dan permukiman bagi masyarakat  berpenghasilan  menengah ke bawah.

Kebijakan Pembangunan Rusunawa
1.    Mencari lahan pembangunan Rusuna dengan  skala besar di pinggir kota yang terjangkau sarana, prasaran dan utilitas kota.
2.    Memanfaatkan lahan-lahan milik daerah dan BUMD yang belum difungsikan.
3.    Mengadakan peremajaan / peningkatan intensitas Rusuna dengan pola mixed use, di kawasan yang secara struktur sudah tidak layak huni dan mempunyai nilai ekonomi tinggi.
4.    Mampu meningkatkan kesejahteraan, kegiatan perekonomian penghuni dan  menyiapkan lapangan kerja (mixed use).
5.    Dalam pelaksanaan pembangunannya tidak melakukan penggusuran.
6.    Melibatkan peran serta masyarakat (public private partnership/P3).
7.    Merealisasikan kewajiban para pengembang yang mempunyai kewajiban membangun Rusuna didalam SIPPT.
8.    Merangsang dan mengkondisikan pengembang / masyarakat agar berperan aktif dalam pembangunan Rusunawa/Rusunami dengan memberikan insentif.

Kebijakan Penghunian Rusunawa
Status penghunian rumah susun yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah sewa yang dikelola oleh Unit Pengelola Rumah Susun Wilayah I, II dan III di lingkungan Dinas Perumahan dan Gedung Pemda Provinsi DKI Jakarta.

Calon penghuni Rusunawa adalah warga Provinsi DKI Jakarta yang terkena langsung pembangunan rusun, warga yang terkena pembangunan prasarana kota (warga terprogram), serta warga permukiman kumuh berat di sekitar lokasi pembangunan rusun dan warga masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah yang belum mempunyai rumah tinggal sendiri dan memenuhi persyaratan administrasi.

Bagi penyewa yang telah habis masa sewa/ kontrak wajib memperpanjang surat perjanjian atau meyerahkannya/ mengembalikan ke UPT Pengelola Rusun.

Pelanggaran terhadap Tata Tertib pemakaian/ penyewaan Unit, Kios Lantai Dasar Rumah Susun Sewa, Kios Lantai Dasar Rusun Sederhana Sewa Beli tersebut di atas dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku. (WEBTORIAL)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found