Kembali Diserang, Seluruh Polsek Tingkatkan Keamanan

Pos Polisi Singosaren, Solo, jadi sasaran penembakan brutal
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Satuan terkecil dari institusi kepolisian, Polsek, kembali diserang sekelompok orang tak dikenal. Pagi tadi, Polsek Pirime, Kabupaten Lany Jaya, Papua, diserang sekelompok orang yang diduga anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Dalam insiden itu, empat polisi termasuk Kapolsek Pirime, Ipda Rolfi Takubesi (48) tewas. Mencegah kejadian serupa berulang, Mabes Polri bertekad meningkatkan keamanan Polsek di seluruh Indonesia.

"Kami tingkatkan kesiagaan di Polsek dan pos-pos terdepan yang bagi mereka memiliki kekuatan kecil," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 27 November 2012.

Boy mengakui polsek dan pos polisi merupakan bagian paling rawan yang dapat diserang. Oleh karena itu, dia mengingatkan petugas di sana untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Kalau kantor polisi yang besar kemungkinan akan semakin banyak petugas yang mengetahui dan siaga," ujarnya.

Sebelumnya, Markas Polsek juga kembali menjadi sasaran penyerangan. Polsek Pasar Kliwon, Surakarta, diteror sebuah bom rakitan pada Selasa 20 November 2012 sekitar pukul 03.40 WIB. Mabes Polri menilai insiden itu merupakan tanda bahwa jaringan teroris masih mengincar petugas kepolisian.

Tak hanya itu, Kapolsek Poso Pesisir Utara, Iptu Taruklabi, juga mengalami teror. Rumahnya diberondong tembakan oleh orang tidak dikenal, Kamis, 15 November 2012 sekitar pukul 00.12 WITA.

Ditarik ke belakang, Pos Pengamanan Lebaran di Gemblegan, Solo juga ditembaki teroris pada 17 Agustus 2012. Kemudian disusul oleh pelemparan granat di Pos Pengamanan Gladak yang terjadi pada 18 Agustus 2012.

Aksi penyerangan tidak berhenti, pada Kamis malam, 30 Agustus 2012, pos polisi Pasar Singosaren diberondong senjata api. Seorang anggota polisi yang sedang bertugas, Bripka Dwi Data Subekti tewas dengan empat luka tembak di tubuhnya. (eh)

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Karyawan Sempat Dengar Ledakan Sebelum Api Muncul
Asia Business Council 2024.

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Perekonomian Asia diproyeksikan akan cukup tangguh di masa depan meski dihadapkan dengan kondisi perekonomian global yang dihantui gejolak geopolitik saat ini.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024