BPK Curiga Ada Penyelewengan Proyek DAS Citarum

Sedimentasi di sungai Citarum, Bandung
Sumber :
  • Antara/ Rezza Estily

VIVAnews - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mencurigai adanya penyelewengan dana Program Pengerukan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Program pengerukan ini dilakukan mulai tahun 2012 hingga 2013 dengan anggaran sebesar Rp1,3 triliun.

"Indikasi penyelewengan ada, namun saya belum bisa menyampaikan karena ini bagian dari investigasi," kata Kordinator Pemeriksa Divisi IV BPK, Ali Maskur Musa di Bandung, Jawa Barat, Senin 26 November 2012.

Menurut Ali, program pengerukan yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum ini tengah berjalan. "Dari pemeriksaan kita melihat pekerjaan telah masuk paket 5. Dengan jarak 8 km. Kegiatan berupa pengerukan lumpur dan pembuatan tanggul dan terasering penahan abrasi," ungkapnya. Dalam pemeriksaan, tambah dia, BPK menemukan adanya kegiatan lain yang melanggar aturan.

Ali Maskur juga menyayangkan tidak patuhnya sejumlah perusahaan di sepanjang DAS Citarum. Menurut dia, saat program pengerukan masih berjalan, masih saja ada pabrik yang membuang limbah ke Citarum. "Masih banyak industri membuang limbah ke sungai. Ini harus segera ditindak," katanya. (eh)

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan
Dupa dan kemenyan saat misa di Gereja Katedral Ruteng

Pastor Keuskupan Ruteng Menghilang Usai Ketahuan Berduaan dengan Istri Orang

Seorang imam Katolik Keuskupan Ruteng yang bertugas di  Manggarai Timur,  Nusa Tenggara Timur (NTT) dikabarkan menghilang usai tertangkap basah sedang berduaan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024