Rp180 Juta, Pemeriksaan Kesehatan Cagub Jabar

Cagub-cawagub Jabar, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar
Sumber :
  • ANTARA/Endang

VIVAnews - Pemeriksaan terhadap lima pasang kandidat calon kepala daerah Jawa Barat periode 2013-2018 telah usai dilakukan. Seluruh kandidat menjalani pemeriksaan di Paviliun Parahyangan, Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung sejak tanggal 24-25 November 2012.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Ketua Pokja Pencalona Gubernur, KPU Provinsi Jawa Barat, Teten Setiawan mengatakan, untuk kegiatan prosedur pemeriksaan kesehatan ini mehabiskan dana sebesar Rp180 juta. "Dengan rincian setiap orang calon gubernur maupaun wakil gubernur menghabiskan Rp18 juta, sekali pemeriksaan," paparnya. 

Ia menjelaskan, dana ini bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat yang telah disiapkan sejak tahun kemarin. Pemeriksaan kesehatan yang ditangani 24 dokter spesialis dan empat perawat senior ini meliputi pemeriksaan fisik hingga psikologi. 

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

Sementara itu, ketua tim dokter pemeriksaan, dr. Erwan Martanto mengatakan, setelah diketahui hasil pemeriksaan kesehatan, pihaknya akan melakukan rapat pleno untuk menentukan apakah 10 kandidat tersebut memenuhi persyaratan atau tidak. "Kalau memenuhi persyaratan, artinya bakal calon itu berhak untuk mengikuti Pemilihan Gubernur. Namun sepenuhnya kewenangan itu akan kami serahkan kepada KPU," katanya.

Erwan, mengatakan pihaknya hanya sebatas merekomendasikan kepada KPU mengenai kondisi kesehatan para kandidat. "Hasil pleno akan diserahkan ke Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk selanjutnya diserahkan ke KPU provinsi dan dibahas oleh KPU. Hasil pemeriksaan akan diserahkan ke KPU pada 30 November mendatang," ujarnya.

Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses
Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

PKS berkomitmen membangun Indonesia bersama Partai NasDem dan PKB sampai sakaratul maut; tak ada kamus perpisahan untuk kepentingan bangsa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024