Ibu Negara Prihatin Anak-anak Didominasi Lagu K-Pop

Ibu Negara Ani Yudhoyono
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Ibu Negara Ani Yudhoyono mengaku prihatin dengan perkembangan dunia musik Indonesia saat ini yang lebih didominasi lagu-lagu orang dewasa seperti girl band dan K-Pop (musik Korea).

Masa Penahanan Harvey Moeis Diperpanjang, Kejagung Ungkap Alasannya

"Sering kami jumpai anak-anak kecil menyanyikan lirik yang pantas dinyanyikan orang dewasa. Lagu anak-anak seakan-akan tenggalam. Mereka (anak-anak) malah banyak hafal lagu-lagu Boy Band," kata Ani, yang bernama lengkap Kristiani Herrawati di acara Indonesia Berdendang di Jakarta, Minggu 25 November 2012.

Ani menilai maraknya tayangan musik di televisi lah yang membuat anak-anak lebih mengenal lagu orang dewasa. "Saya tidak mengatakan musik dewasa itu jelek, hanya saja kurang pas untuk anak-anak," ujarnya.

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

Yang membuatnya lebih prihatin, di mata Ibu Negara identitas lagu anak kini juga seperti hilang karena derasnya kepentingan ekonomi di industri musik Tanah Air. "Lagu anak jauh tertinggal. Tidak ada lagi lirik lagu khas anak-anak yang mudah dimengerti," katanya.

Untuk itulah, dia menambahkan, diperlukan peran serta orang tua untuk menyaring lagu yang sesuai untuk anak-anak di masa pertumbuhan mereka.  

Cha Eun Woo Nyanyikan Lagu-Lagu Album Entity Saat Fan Concert di Jakarta

"Orang tua harus mampu mengarahkan anak-anak ke jalan yang tepat. Ini memang berat, karena kemajukan teknologi memberikan banyak pengaruh dan mengubah perilaku anak-anak," ujar Ani.

Menurut Ibu Negara, salah satu cara edukasi itu adalah dengan memutar kaset lagu anak-anak di masa lampau, sehingga mereka bisa mengenal para pencipta lagu anak di masa lalu, seperti Ibu Sud dan Pak Raden. (kd)

Bali United vs Bhayangkara FC

Hasil Liga 1: Bali United dan Dewa United Petik Poin Sempurna

Bali United dan Dewa United berhasil meraih poin sempurna dalam lanjutan Liga 1 pada Sabtu malam ini, 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024