NASIONAL

Bulan Depan, Misteri Gunung Padang Diungkap ke Publik

Temuan itu diklaim akan menggegerkan masyarakat.

ddd
Minggu, 25 November 2012, 07:20
Gunung Padang, Cianjur
Gunung Padang, Cianjur (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews - Tim Terpadu Penelitian Gunung Padang akan mengungkap temuan mereka pada pertengahan bulan Desember 2012. Temuan itu diklaim akan membuat kaget masyarakat. Sebab, banyak temuan yang didapatkan oleh tim peneliti ini di gunung yang terletak di Cianjur, Jawa Barat, ini.

"Pertengahan bulan depan akan kami sampaikan hasil temuan kami selama ini, akan ada kejutan," kata Ketua Tim Peneliti Mandiri, Danny Hilman Natawidjaja saat berbincang dengan VIVAnews, Sabtu 24 November 2012. Temuan ini akan diungkap dalam seminar bersama tim riset dari Badan Geologi, Tim Riset Ristek, dan Tim Arkenas.

Danny mengatakan, akhir tahun 2012 ini Tim Peneliti Mandiri akan menyelesaikan salah satu fase riset di areal Gunung Padang. Danny mengaku paham banyak masyarakat yang bertanya apakah ada temuan baru yang mengejutkan. Tim peneliti, kata dia, akan menjawab pertanyaan itu bulan depan. "Selama ini, belum banyak hasil penelitian yang diekspos, yang terakhir hasil geolistrik," katanya.

Menurut Danny, pada pertengahan Desember nanti, tim peneliti akan memaparkan temuan-temuan yang relatif lebih lengkap. Tim akan menyampaikan rangkuman hasil penelitian mulai dari carbon dating, georadar, geomagnet, hingga geolistrik. "Struktur di dalamanya sudah agak lebih jelas. Kemudian ada juga penentuan umur yang sebelumnya dari USGS, kami temukan yang terbaru," katanya.

Sekedar diketahui, Laboratorium Miami Florida, Amerika Serikat, menduga umur lapisan tanah urug di kedalaman 4 meter di Gunung Padang adalah man made stuctures (struktur yang dibuat oleh manusia) dengan ruang yang diisi pasir (di kedalaman 8-10 meter) di bawah Teras 5 pada Bor-2, sekitar 7600-7800 SM. Umur dari lapisan di kedalaman sekitar 5 meter sampai 12 meter, sekitar 14500–25000 SM/atau lebih tua. Situs Gunung Padang diduga lebih tua dari usia Piramida Giza di Mesir.

Danny menambahkan, penelitian situs Gunung Padang ini belum berakhir, dan akan terus dilakukan di tahun berikutnya. "Karena masih banyak objek di areal Gunung Padang yang belum tersentuh riset," katanya.

Saat ini, tambah Danny, tim peneliti dari Arkenas sedang melaksanakan survei di Gunung Padang. Hasil temuan dari amsing-masing tim akan dibandingkan untuk didiskusikan. "Ini adalah cara yang paling sehat di dunia penelitian untuk sama-sama mengekspose masing-masing temuannya. Seminar ini akan dilakukan terbuka dan mengundang para ilmuwan dan masyarakat umum. Waktu dan tempat akan diumumkan segera," katanya.(np)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
darkzz
25/11/2012
struktur gunung emg alami brbentuk Kerucut/piramida. klo menurut gw sih itu cma gunung biasa yg kbetulan mirip dgn bangunan Piramid.soalnya sejarah bangsa indonesia emg g ada bangunan Piramid,yg ada hnya Candi/stupa dll.
Balas   • Laporkan
nirwana15 | 27/11/2012 | Laporkan
Ho-oh sejarah yg di tulis campur dengan luluhur belanda ya?
dwipaadhitya
25/11/2012
jika penelitian ini bisa membuktikan dengan alasan yg teknis, maka sejarah indonesia/dunia mungkin berubah arahnya, semua pihak harus menerima, jika ada pihak yg menyangkal, maka wajib mendasari sangkalannya dengan hasil penelitian yang formal
Balas   • Laporkan
Semoga hasil temuannya dapat menguak identitas bangsa ini yang sebenarnya sudah maju sejak jaman dahulu....
Balas   • Laporkan
djunanda
25/11/2012
penemuan yang cukup dahsyat.. sangat berpengaruh dan bisa merubah sejarah dunia..mematahkan teori2 lama, menimbulkan pemikiran2 baru...bukan sekedar penemuan materi (@roeltomohon)
Balas   • Laporkan
roeltomohon
25/11/2012
Kalo temuannya bisa sedasyat penemuan mumi Tutankhamun dan harta karunnya di Mesir, itu baru bilang kejutan. Kalo cuma batu2 doang, itu bukan temuan mengejutan, namun temuan yg biasa2 saja. Sebab masyarakat setempat lebih dulu tahu
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com