Kunjungi Transmigran, Muhaimin Beri Bantuan Solar System

Muhaimin Angkat Bicara Mengenai TKI on Sale
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Muhaimin Iskandar memberikan bantuan berupa 5 unit solar home system kepada warga Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Kumai Seberang, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, untuk mengatasi masalah listrik.

"Listrik harus tersedia dan kita harus siapkan listrik 24 jam. Kita berpikir matahari adalah sumber yang tepat untuk listrik," ujar Muhaimin saat sesi dialog dengan warga UPT Kumai Seberang, Kalimantan Tengah, Minggu 18 November 2012.

Muhaimin menambahkan, dirinya memahami keluhan masyarakat yang tinggal di daerah tranmigrasi terkait masalah listrik. "Ini menjadi perhatian saya. Kita akan cari jalan secepat-cepatnya," ujarnya.

"Sarana dan prasarana saya juga akan bantu. Ini cara kita untuk mempercepat perkembangan kawasan transmigrasi," lanjutnya..

Selain menyerahkan 5 unit solar home system untuk fasilitas umum tersebut, Menaker juga memberikan bantuan berupa bibit sawit sejumlah 17.875 batang, 2 unit material rumah, gerobak motor bengkel, gerobak motor hasil panen, mesin pembuat kompos dan lain-lain. Diharapkan pemukiman transmigrasi dapat segera mencapai kemajuan dan perkembangan.

"Pemukiman ini merupakan pemukiman transmigrasi bina dengan pola tanaman pangan. Sekarang telah berkembang cukup pesat, mudah-mudahan ke depan dapat menjadi desa yang maju," kata Muhaimin.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Permukiman Transmigrasi Kumai Seberang penempatannya dilaksanakan pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2010 dengan total penempatan 275 KK/1.086 jiwa.  Sebagian besar transmigran berasal dari pulau Jawa dan menekuni pekerjaan sebagai petani sawit dengan bekerja sama dengan perusahaan sawit dengan model kerjasama inti plasma di lahan seluas 5 hektar.

Muhaimin menyebut pemukiman Transmigrasi Kumai Seberang merupakan salah satu contoh keberhasilan penerapan program "re-focussing" melalui peningkatan kualitas pemukiman yang dititikberatkan pada peningkatan sarana prasarana transportasi, penerangan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Cuaca Buruk

Perjalanan Muhaimin ke Kumai Sebrang juga diwarnai dengan cuaca buruk dengan hujan deras yang mengguyur sepanjang siang. Ketua Umum PKB ini pun terpaksa menerjang hujan untuk mengunjungi lokasi transmigrasi.

"Dari pagi sudah siap-siap. Ibu-ibu malah sudah memasak. Kalau kita tunda, mereka akan kecewa," ujarnya.

Kapal-kapal klotok yang dipakai rombongan menteri pun hanya mampu melaju perlahan menembus hujan deras di teluk Kumai.

Setibanya di pelabuhan kecil Serimbang, perjalanan pun dilanjutkan melalui darat. Dibutuhkan waktu sejam bagi rombongan untuk menuju lokasi transmigtasi Kumai Seberang. Jalanan tanah yang becek harus ditempuh Cak Imin, dengan waktu berkendara selama sejam.

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024