"Isu Palestina, Indonesia Bicaralah pada Negara Adikuasa"

Bentrok Israel-Palestina
Sumber :
  • REUTERS/Mohamad Torokman


VIVAnews - Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengutuk keras setiap aksi kekerasan yang dilakukan Israel terhadap Palestina. PP Muhammadiyah selalu mendukung penuh perjuangan Palestina untuk meraih kemerdekaannya.

"Muhammadiyah sangat-sangat mengutuk keras setiap aksi kekerasan, kezaliman, kebiadan dari zionis Israel ke Palestina. Kami sejak dulu memiliki komitmen untuk dukung perjuangan Palestina memperjuangkan kemerdekaannya," kata Din.

Hal itu disampaikan Din usai menghadiri peringatan Milad Muhammmadiyah ke-100 di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu 18 November 2012. Oleh karena itu, Muhammadiyah memperkarsai berdirinya hubungan persahabatan Palestina- Indonesia.

Din juga meminta kepada pihak-pihak internasional seperti PBB, termasuk negara-negara Adikuasa untuk serius mengedepankan standar ganda dan berkeadilan dalam menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

"Setahu kami pemerintah Indonesia mengapresiasi dan cukup aktif terhadap masalah Palestina, baik di forum PBB maupun di forum lain, agar betul-betul ada solusi yang berkeadilan dan setara," kata Din.

Din membantah pemerintah Indonesia kurang berani dalam mendukung kemerdekaan Palestina. Menurutnya, peran aktif pemerintah Indonesia sudah cukup memadai dalam menyuarakan dukungannya kepada Palsetina.

"Tapi harus ditingkatkan lagi, terutama di forum OKI atau PBB. Dan bicaralah pada negara Adikuasa. Kita sudah moderatlah, kita dukung solusi untuk dua negara itu agar dapat berhubungan dengan damai. Dua negara harus dapat keadilan. Jangan hanya Israel yang diberikan kesempatan," kata Din. (adi)

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024