3 Polisi Malaysia Perkosa TKI, Ini Kata Pejabat Penang

Demo selamatkan TKI Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Seorang Tenaga Kerja Indonesia, SM (25), mengaku diperkosa oleh tiga anggota Polisi Diraja Malaysia di Prai, Bukit Martajam, Penang. SM mengaku perlakuan biadab ini dia terima di kantor polisi setempat.

Terkait kasus ini, Presiden Dewan Kota Penang Dato' Patahiyah binti Ismail, mengaku tidak tahu persis masalah tenaga kerja asing secara khusus. Sebab urusan tenaga kerja berada di bawah kementerian. "Soal pekerja-pekerja itu ada di bawah Kementerian Tenaga Kerja. Soal pekerja asing di Penang saya kurang memahami," kata Patahiyah saat menghadiri acara Kerja Sama Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Penang di Yogyakarta, Senin 12 November 2012.

Meski demikian, Patahiyah menambahkan, pemerintah Penang telah berupaya memberikan perlindungan kepada para tenaga kerja asing. Pemerintah Penang telah memasang kamera-kamera pemantau di tempat-tempat umum. "Kami juga tempatkan sejumlah petugas," katanya.

Menurut Patahiyah, Pemerintah Penang tidak membedakan perlindungan yang diberikan kepada warga negara Malaysia dengan para tenaga kerja asing di wilayahnya. "Baik itu TKI, pekerja Vietnam, maupun Myanmar, kami pastikan mereka selamat. Keselamatan semua tenaga kerja di Penang kami prioritaskan, bukan hanya warga negara Malaysia saja," kata dia.

Sebelumnya, SM, TKI perempuan asal Batang, Jawa Tengah, melapor telah diperkosa oleh tiga polisi Malaysia pada Jumat 9 November 2012. Nasib nahas itu bermula saat SM berjalan-jalan dengan kekasihnya, pria berwarga negara Malaysia, di kawasan Prai. Namun, keduanya dicegat oleh dua polisi. SM diminta data dirinya, namun hanya bisa menunjukkan salinan paspor.

Setelah pemeriksaan, kedua polisi itu melepaskan teman pria SM. Namun, mereka membawa SM ke kantor polisi. Di kantor polisi Bukit Martajam itulah SM mendapat perlakuan durjana dari tiga polisi. Dia diperkosa secara bergiliran. SM baru dilepaskan sekitar pukul 15.00 waktu setempat dan kemudian membuat laporan.

Polisi Malaysia segera membentuk tim khusus setelah laporan SM masuk. Mereeka beertindak cepat. Akhirnya, pada puykul 19.00 waktu setempat, pada hari Jumat iitu juga, aparat Penang berhasil menangkap ketiga polisi yang didiga memperkosa SM. Ketiganya adalaah ML (33), SR (21), dan RAD (25). Ketiga polisi ini telah diskors sejak Jumat 9 November hingga tanggal 16 November untuk memperlancar pemeriksaan kasus ini. Ketiganya dijerat dengan Pasal 376 UU setempat tentang pemerkosaan. (umi)

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya
Shin Tae-yong

Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong memberikan pujian kepada Australia usai pertandingan kedua Grup A Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024