Gajah Sumatera Tambah Koleksi Taman Rimba Jambi

Gajah Sumatera
Sumber :
  • VIVAnews/Ramond EPU

VIVAnews - Alfa, gajah jantan Sumatera berumur 5 tahun menambah koleksi Kebun Binatang Taman Rimba Jambi, Sabtu 10 November 2012. Alfa didatangkan dari Sungai Tapa, Kabupaten Tanjab Barat, yang dipelihara oleh PT Wira Karya Sakti, perusahaan perkebunan di Jambi.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jambi Trisiswo mengatakan, mahot atau pelatih dan perawat Gajah bisa menjinakkan Alfa selama dua jam untuk dibawa menggunakan truk menuju Taman Rimba Jambi. "Prosesnya lancar, meski truk hampir terbalik karena Alfa bersandar," kata dia di Kebun Binatang Jambi.

Mahot akan memantau dan menjaga selama Alfa berada di Taman Rimba Jambi. Mahot-mahot ini didatangkan langsung dari pusat pelatihan gajah Way Kambas.  "Mudah-mudahan dengan adanya Alfa di Kebun Binatang Jambi menjadikan Taman Rimba menjadi lebih ramai," katanya.

Sebagian gajah yang dipelihara perusahaan di Jambi merupakan imbas konflik dengan manusia, karena habitat yang semakin menyempit, akhirnya gajah-gajah tersebut dikandangkan. Sebelum dikandangkan gajah-gajah itu dilatih di Lampung.

Kedatangan Alfa di KB Taman Rimba Jambi menemani Yanti, gajah Sumatera berumur 30 tahun. Kebun Binatang Taman Rimba Jambi merupakan satu-satunya lokasi wisata fauna di Jambi yang dikelola langsung Pemprov Jambi.

Dengan koleksi sekitar 270 satwa, mulai dari reptil, burung, dan mamalia, Pemprov Jambi tengah berupaya meningkatkan kebun binatang tersebut sebagai salah satu rekreasi satwa pilihan masyarakat di daerah itu.

Selain harimau Sumatera, habitat hidup gajah Sumatera di Provinsi Jambi juga semakin terancam akibat perburuan ilegal, konflik dengan manusia, hingga penebangan hutan secara berlebihan.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024