Gempa 5,5 SR Guncang Sukabumi

Lokasi gempa Pandegelang
Sumber :

VIVAnews - Gempa berkekuatan 5,5 skala richter mengguncang wilayah barat daya Sukabumi, Jawa barat, pada Sabtu, 10 November 2012, pukul 13.05. Gempa bisa dirasakan hingga wilayah lainnya di Jawa Barat.

Menurut laporan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, lokasi gempa terletak 7.79 LS,106.52 BT, sejauh 85 kilometer baratdaya Sukabumi atau sekitar 184 kilometer baratdaya Jakarta.

"Kedalaman 10 Km berada di dasar laut Samudera Hindia di sebelah utara zona subduksi lempeng Samudera Hindia dan Eurasia," tulis Sutopo.

Gempa terasa cukup keras beberapa detik di Cianjur dan Tasikmalaya. Masyarakat merespon keluar dari rumah saat merasakan guncangan gempa. Gempa juga dirasakan lemah di Bandung.

Hingga saat ini belum ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa. BPBD Cianjur, BPBD Sukabumi dan BPBD Jawa Barat masih melakukan pemantauan dan pendataan.

"Masyarakat dihimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan terkait banyaknya kejadian gempa di Indonesia. Gempa tidak dapat diprediksi dan dapat terjadi sewaktu-waktu. Korban akibat gempa bukan karena gempa tetapi bangunannya yang tidak tahan gempa," lanjut Sutopo.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini
Ditlantas Polda Aceh membagikan takjil dan beras kepada pengendara

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Ditlantas Polda Aceh bersama Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) membagikan takjil dan paket beras ke pengendara motor dan becak.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024