Said Didu: Yang Intervensi BUMN Tak Cuma DPR, Juga Asing

Said Didu
Sumber :
  • antara-photo

VIVAnews - Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Said Didu menyarankan agar Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan mencari 20 orang bertipe "kuda liar" untuk diangkat sebagai pemimpin BUMN.

Di Festival Kuliner Ini, Bisa Icip 20 Jenis Soto Berbeda

"Kalau pemimpin BUMN itu seperti kuda liar, maka kalau diperas pasti dia menendang, sehingga tidak bisa diperas pihak mana pun," kata Said di acara Polemik Sindo Radio di Jakarta, Sabtu 10 November 2012

Said menuturkan di dalam tubuh BUMN ada banyak intervensi oleh pihak-pihak yang meiliki kekuasaan. Karena itu, jika dipimpin orang yang berkarakter lemah, BUMN bersangkutan akan mudah diperas.

Kronologi Bos Tembaga di Boyolali Tewas Dibunuh

"Dari pada bikin ribut saja, cari direktur utama dan direktur keuangan sebanyak 20 orang, tapi yang kuat," dia menyarankan.

Said menambahkan, intervensi ke tubuh BUMN bukan hanya dilakukan oleh anggota DPR, bahkan ada pihak asing yang juga ikut cawe-cawe. Untuk mencegah permainan mereka ini diperlukan pengawasan di sejumlah sektor strategis, seperti pengadaan barang dan jasa.

Roberto Mancini Kagumi 4 Pemain Timnas Indonesia U-23, Termasuk yang Dicap Egois oleh Netizen

"DPR tidak ahli main di sini (pengadaan barang dan jasa). Ada pihak lain yang lebih ahli," Said mengingatkan.

Said menyatakan permasalahan ini perlu diatasi melalui pendekatan sistemik. "Jangan harap BUMN bersih dengan pendekatan politik. Hanya dengan pendekatan profesional dan hukum, baru BUMN bisa dibersihkan," ujarnya.

Suasana di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). (foto ilustrasi)

Percakapan Terakhir Mahasiswa STIP dan Senior Sebelum Dianiaya

Polisi mengungkap motif penganiayaan terhadap Putu Satria Ananta Rustika (19), mahasiswa di Sekolah Ilmu Tinggi Pelayaran (STIP) Jakarta, hingga tewas dianiaya seniornya.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024