NASIONAL

Megawati Penuhi Undangan SBY di Istana

Tidak terlihat suami Megawati yang juga Ketua MPR Taufiq Kiemas.
Rabu, 7 November 2012
Oleh : Ismoko Widjaya, Suryanta Bakti Susila
Barack Obama berbicara dengan Megawati disaksikan SBY

VIVAnews - Megawati Soekarnoputri akhirnya hadir di Istana Kepresidenan memenuhi undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Negara hari ini memberikan gelar Pahlawan Nasional untuk dua proklamator, Soekarno dan Mohammad Hatta.

Pantauan VIVAnews, Megawati yang bersanggul, berbusana cokelat tua, dan berselendang kuning itu berdiri di samping Wakil Presiden Boediono di Istana Negara, Jakarta, Rabu 7 November 2012.

Megawati dan Boediono berdiri di ujung dekat podium. Di sebelah Megawati tampak Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah, Irman Gusman. Megawati dan keluarga besarnya hadir untuk menerima gelar pahlawan bagi Bung Karno. Tetapi, tidak terlihat suami Megawati yang juga Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Taufiq Kiemas.

Keluarga Bung Karno yang menerima gelar ini diwakili Guntur Soekarnoputra. Gelar serupa juga diberikan kepada Bung Hatta. Mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Meutia Hatta, mewakili keluarga menerima gelar Pahlawan Nasional untuk Bung Hatta.

Sebelum serah terima, diawali pembacaan Keppres Nomor 83 Tahun 2012 tentang penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada DR (HC) Ir Soekarno, yang juga mantan Presiden. Dibacakan juga Keppres Nomor 84 tahun 2012 tentang penganugerahan kepada Dr (HC) Drs Moh Hatta, mantan Wakil Presiden.

Ini merupakan keduakalinya Megawati hadir di Istana selama masa kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono. Kehadiran pertama Megawati saat jamuan makan malam bersama Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pada 2010. Setiap kali undangan peringatan Hari Kemerdekaan RI di Istana, Megawati tak pernah hadir. (art)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found