Mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Banurusman Wafat

Bunga duka cita
Sumber :
  • www.iklanmax.com

VIVAnews – Mantan Kapolri, Jenderal Pol (Purn) Banurusman Astrosemitro, meninggal dunia di usia 71 tahun karena sakit di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, pagi ini Selasa 6 November 2012.

“Telah meninggal dunia mantan Kapolri ke-12 periode 1993-1996, Jenderal Pol (Purn) Banurusman, hari ini jam 07.00 WIB setelah dirawat di RS Medistra Jakarta,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, saat dikonfirmasi VIVAnews.

Boy mengatakan, jenazah Banurusman disemayamkan di rumah rumah duka, Perum. Wira Makmur Blok 23/7, RT 006/10, Kecamatan Sarua, Kelurahan Ciputat, Tangerang Selatan. Almarhum rencananya akan dimakamkan di kampung halamannya di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo akan melayat jenazah almarhum. “Insya Allah Pak Kapolri akan takziah ke rumah beliau,” ujar Boy.

Banurusman adalah pria kelahiran Tasikmalaya, 28 September 1941. Karirnya di Kepolisian Republik Indonesia dimulai pada tanggal 1 September 1961 saat ia masuk dinas kepolisian.

Pria 47 Tahun Ditemukan Tewas Bawa Bungkusan Pakaian Bekas di Trotoar Margonda

Banurusman mendapat penugasan pertama di Pare-pare, Sulawesi Selatan. Di kota itu ia sempat menjabat sebagai Komandan Kompi B Batalyon 935 Brimob.

Tahun 1967 ia pindah ke Jakarta, dan tahun 1970 ditugaskan di Polda Metro Jaya. Di sinilah Banurusman ikut membersihkan sisa-sisa kekuatan G-30 S/PKI lewat operasi intelijennya.

Di masa-masa selanjutnya, Banurusman kerap ditempatkan di daerah atau posisi yang rawan, sampai akhirnya ia menjabat sebagai Kapolri.

Hasil Liga 1: Bali United dan Dewa United Petik Poin Sempurna
Kepala BPIP Prof Yudan Wahyudi

Prof Yudan dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Kayla Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Almarhumah Kayla Nur Sifa meninggal saat menjalankan tes lari 12 menit dalam seleksi calon anggota paskibraka tingkat Sukabumi.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024