FOTO: Mengenang Dua Tahun Erupsi Gunung Merapi

Peringatan Dua Tahun Erupsi Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA/Noveradika

VIVAnews - Berduyun-duyun, warga membawa penganan yang ditata sedemikian rupa di atas tampah. Makanan yang dibawa sederhana saja, tumpeng nasi putih lengkap dengan lauk, sayur, dan buah. Jumlahnya 200 tampah.

Warga kemudian membawa tumpeng nasi tersebut kirab dan berakhir di di halaman Pos Pantau Merapi 149.070 MHz Desa Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Kirab ini sebagai bentuk peringatan bencana alam mahadasyat, erupsi Gunung Merapi.

Warga yang tinggal di lereng Gunung Merapi menjadikan peringatan dua tahun erupsi Merapi ini sebagai sarana refleksi dan mengenang bencana dahsyat itu. Klik fotonya di

5 November 2010, Merapi mencapai puncak muntahan lava, setelah menggeliat sejak bulan September. Di tengah kegelapan malam, warga yang tinggal di radius 20 kilometer dari gunung harus lekas mengungsi. 

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

Letusan ini disertai suara gemuruh yang terdengar hingga kota Yogyakarta bagian utara. Abu vulkaniknya terbang sampai ke wilayah Jawa Barat, seperti Bogor, Tasikmalaya, dan Bandung.

Kepala Badan Geologi, Kementerian ESDM R Sukhyar mengatakan, saat itu, letusan 2010 berbeda dan lebih besar dibanding letusan tahun 1997, 2001 maupun 2006. Berdasarkan rekaman aktivitas Merapi selama ini, letusan tahun itu hampir menyamai letusan tahun 1872.

Dalam letusan besar itu, Juru Kunci Gunung Merapi, Ki Surakso Hargo atau Mbah Maridjan tewas setelah menolak turun gunung. Lebih dari 80 orang tewas karena terkena awan panas atau yang biasa disebut wedhus gembel.

Russia Delivers Over 29 Tons of Humanitarian Aid for Gaza
Yusril Ihza Mahendra dalam sidang lanjutan perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Menurut Yusril, rakyat sebagai pemilih di Pilpres 2024 menentukan sendiri pasangan 02 Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024