PT INKA Kirim 5 Gerbong Kereta Pesanan Singapura

PT Inka mengekspor gerbong kereta ke Malaysia
Sumber :
  • Antara/ M Risyal Hidayat

VIVAnews - PT Industri Kereta Api (INKA), Madiun, Jawa Timur, siap mengirim lima unit gerbong kereta api jenis Flat Wagon ke pemesannya, Land Transport Authority (LTA), Singapura. Kereta-kereta pesanan itu telah berada di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kereta itu akan dikirim dengan kapal Asia Glory Sabtu, 3 Nopember 2012.

"LTA Singapura memesan 20 gerbong sejak awal tahun 2011 lalu, dengan nilai kontrak sebesar US$1.690.000," terang Kepala Humas PT INKA, Fathurosyid, Jumat 2 Nopember 2012.

Dari 20 gerbong yang dipesan Singapura, 10 di antaranya telah dikirim tahun lalu. Dan, kiriman lanjutan kali ini berjumlah 5 unit gerbong. "Jadi tinggal 5 unit lagi yang belum kita kirim," jelasnya.

Fathurosyid menyebut, dari 20 unit gerbong, 15 unit berjenis Flat Wagon, 5 unit lainnya jenis Well Wagon. Masing-masing panjangnya 22 meter, dengan berat bersih 20,6 ton untuk jenis Flat Wagon, serta 20, 8 ton untuk jenis Well Wagon.

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

"Itu akan gunakan untuk angkutan kabel subway di Singapura," jelasnya. Untuk diketahui, flat wagon ini didesain untuk kereta barang berkecepatan tinggi mencapai 100 km/jam dengan beban ringan.

Sebelumnya, PT INKA telah mengekspor 18 unit KA jenis gerbong penumpang ke Malaysia melalui Dermaga Jamrud Utara. Saat itu keberangkatannya sempat tertunda karena terkendala kelengkapan administrasi. "Mudah-mudahan kali ini lancar, bisa diberangkatkan hari Sabtu pagi," harap Fathurosyid.

Ilustrasi Gedung KPK.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

KPK mengingatkan tingaal tiga hari lagi tenggat waktu bagi pejabat negara, termasuk menteri untuk melaporkan LHKPN.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024