52 Pengajar Muda Berangkat ke Daerah Terpencil

Anies Baswedan di Seminar "Indonesia 2012: Surfing in the Middle of the Tide"
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews – Wakil Presiden RI Boediono melepas 52  pengajar muda yang tergabung dalam program Indonesia Mengajar angkatan kelima. Selama setahun, para pengajar muda tersebut akan ditugaskan ke 17 lokasi yang terletak di 7 kabupaten terpencil.

Ketua Yayasan Indonesia Mengajar, Anies Baswedan, menjelaskan ke-52 pengajar muda tersebut terpilih setelah melalui proses seleksi dari sekitar 6.800 pendaftar. Mereka sebagian besar sudah bekerja. Hanya sebagian kecil yang merupakan lulusan baru dari berbagai perguruan tinggi.

“Yang terpenting, mereka tidak hanya mengajar di sekolah-sekolah, di ruang kelas, tetapi akan berbaur dengan masyarakat dan tinggal di rumah penduduk. Mereka akan menjadi guru selama 24 jam penuh,” ujar Anies di kantor Wapres RI, Jakarta, Kamis 1 November 2012.
 
Dengan berbaur ke tengah masyarakat, lanjut Anies, maka para pengajar itu tidak hanya membangun ikatan emosional dengan muridnya, tapi juga dengan para penduduk sekitarnya.

Anies menyakini program Indonesia Mengajar itu dalam jangka waktu 20 tahun mendatang akan berbuah positif, di mana Indonesia akan memiliki generasi calon pemimpin dengan kompetensi internasional namun punya pengetahuan lokal.

“Dalam jangka panjang, kita akan punya anak-anak yang memiliki kompetensi, pengetahuan, skill, dan karakter yang bisa world class, serta pemahaman akar rumput yang kuat,” kata Anies.

Wakil Presiden Boediono mengapresiasi program Indonesia Mengajar tersebut. Menurut Boediono, kegiatan itu membuktikan idealisme di kalangan generasi muda masih ada.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

“Program ini akan memberikan kesempatan bagi anak muda untuk melihat keragaman Indonesia. Saya sangat bangga,” kata Boediono.

Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024