Proyek Hambalang, Menkeu Siap Tanggung Jawab

Menkeu Agus Martowardojo Diperiksa KPK Sebagai Saksi Kasus Menakertrans
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebut Menteri Keuangan Agus Martowardojo, terkait dalam penyimpangan proyek Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON), di Hambalang. Agus penyimpangan proyek ini karena memberi persetujuan kontrak tahun jamak dan penyusunan anggaran.

Terkait hasil audit tersebut, Agus Marto mengatakan pemberian izin anggaran tahun jamak proyek itu telah dilakukan sesuai prosedur. Namun demikian, dia siap bertanggung jawab apabila dianggap bersalah. "Paling tidak saya sebagai menteri, bahwa itu diselesaikan sesuai dengan prosedur. Kalau seandainya ada prosedur yang tidak dipenuhi, nanti kami lihat apa itu," ujar Agus di kantornya, Jakarta, Kamis 1 November 2012.

Agus mengaku belum menerima hasil audit BPK itu. Sehingga belum bisa memberi kesimpulan dini atas hasil audit tersebut. Kemenkeu, tambah dia, akan menelaah lebih lanjut hasil audit tersebut. "Tapi yang saya musti jelaskan adalah bahwa kalau kami sudah lihat laporan hasil audit itu, kami akan bisa lebih tahu background-nya," dia menambahkan.

Agus menjelaskan, sesuai dengan prosedur, sebuah proyek di kementerian harus diawasi dan dikendalikan oleh menteri yang bersangkutan. Jika tidak, kata dia, Kementerian Keuangan tidak akan memprosesnya. "Nah kalau kami dengar bahwa ternyata di sekjen katanya tidak memperoleh penetapan, itu yang saya bilang tidak boleh. Tidak mungkin kalau seandainya proyek itu tidak dilengkapi terus kami jalankan kegiatan," ungkapnya.

Sementara itu Ispektur Jenderal Kementerian Keuangan, Vincentius Sonny Loho, mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan penelitian lebih lanjut terkait nama-nama dari Kemenkeu yang masuk dalam audit tersebut. Sementara saat ini belum ada indikasi dugaan tindak korupsi yang terjadi. "Sampai sekarang kita belum lihat ada yang terkena indikasi fraud," tambahnya.

Sonny menambahkan, yang menjadi fokus penelaahan Kemenkau terkait proses administratif dalam proyek tersebut, apakah dilakukan sesuai prosedur atau tidak. Sehigga mengakibatkan kerugian negara. (umi)

Polda Metro Jaya Dalami Soal Laporan Dugaan Penistaan Agama Pendeta Gilbert
Pemain Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 Vs Australia U-23, Nathan Tjoe-A-On Jadi Starter

Timnas Indonesia U-23 bakal melakoni laga kedua di penyisihan Grup A Piala Asia U 23 2024. Armada Shin Tae yong menghadapi Timnas Australia U-23.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024