BPK: Kerugian Negara di Proyek Hambalang Rp243 Miliar

Proyek Hambalang di Sentul Bogor
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) resmi menyerahkan hasil audit investigasi proyek Pusat Olahraga di Hambalang tahap I ke Dewan Perwakilan Rakyat. Dari hasil audit tersebut ditemukan indikasi adanya penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang yang menyebabkan kerugian negara sekitar Rp243,6 miliar.

Kepala BPK, Hadi Purnomo menjelaskan, rincian kerugian negara sebesar Rp116,930 miliar merupakan selisih pembayaran uang muka yang telah dilaksanakan sebesar Rp189,450 miliar, dikurangi pengembalian uang muka pada saat pembayaran termin pada tahun 2010 dan 2011 sebesar Rp73,520 miliar.

Hadi menambahkan, ada kelebihan pembayaran harga pada pelaksanaan konstruksi sebesar Rp126,734 miliar. Kelebihan itu terdiri dari Mekanikal elektrikal (ME) Rp75,724 miliar dan pekerjaan struktur sebesar Rp51,1 miliar.

"Indikasi kerugian negara ini diperoleh dengan cara membandingkan jumlah dana yang dikeluarkan oleh Kemenpora dengan nilai pekerjaan sebenarnya yang dikerjakan oleh sub kontraktor yang dihitung secara uji petik," ujar Hadi di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 31 Oktober 2012.

Elkan Baggott Menggila, Cetak Gol dan Bawa Bristol Rovers Pecundangi Mantan Klubnya

Audit yang dilakukan BPK dilakukan atas permintaan DPR melalui surat tertanggal 16 Desember 2011. BPK memulai pemeriksaan sejak 27 Februari 2012.

Pemeriksaan dilakukan berdasarkan standar pemeriksaan negara yng mengharuskan pemeriksa melakukan apa adanya, dan dilakukan berdasarkan metodologi pemeriksaan audit investigasi.

Dengan metodologi tersebut pemeriksa melakukan penelitian dokumen, wawancara para pihak terkait, konfirmasi dan prosedur lainnya dalam rangka pengumpulan kecukupan bukti yang kompeten.

Hadi menegaskan, hasil audit ini merupakan audit tahap pertama dan dilakukan tanpa adanya intervensi dari pihak manapun. "Berkali-kali kita katakan tidak ada intervensi, semua berjalan biasa," tegasnya. (umi)

Penampilan baru Park Bo Ram

Penyebab Kematian Masih Misteri, Park Boram Meninggal Dalam Kondisi Seperti Ini

Karena penyelidikan sedang dilakukan, sulit untuk mengungkapkan banyak rincian terkait kematian Park Boram yang dipastikan meninggal dunia pada usia 30 tahun.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024