Polda: Bentrok Berdarah Lampung Gara-gara Hal Sepele

Bentrok Antar Warga di Lampung
Sumber :
  • Antara/Kristian Ali

VIVAnews - Bentrok berdarah antar desa di Lampung Selatan, Lampung sejak Minggu hingga Senin, 27-28 Oktober menelan belasan korban tewas. Polda Lampung mengimbau warga untuk menahan diri.

"Bentrok ini jangan sampai terulang lagi. Pimpinan sudah menginstruksikan untuk memediasi kedua kelompok yang bentrok," kata Kepala Bidang Humas Polda Lampung Ajun Komisaris Besar Sulistyaningsih saat dihubungi VIVAnews, Rabu 31 Oktober 2012.

Polri, imbuhnya, bekerja sama dengan pemerintah daerah akan mempertemukan pihak-pihak yang bertikai. Sampai ada kesepahaman, dia minta semua warga menahan diri dalam menanggapi isu yang menyebar.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

"Sejauh ini penyebab bentrok itu masalah sepele. Tapi, karena warga tak bisa menahan diri, jadi masalah besar," kata Sulistyaningsih.

Bentrokan itu bermula ketika dua orang gadis asal Desa Agom yang tengah mengendarai sepeda motor digoda oleh pemuda asal Desa Balinuraga hingga terjatuh dan luka-luka. Entah dari masa asalnya, lantas menyebar isu bahwa kedua gadis itu dilecehkan secara seksual. Selengkapnya,  

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Persoalan antara kedua kelompok, imbuhnya, harus selesai sampai ke akar-akarnya sehingga tidak muncul lagi bentrok serupa di kemudian hari. "Gubernur sudah bicara juga, kami akan memediasi untuk memecahkan masalah,"imbuhnya.

Sejauh ini, kondisi di lokasi bentrok, Desa Balinuraga sudah tenang. Meski demikian, lebih dari 2.000 aparat gabungan berjaga-jaga sambil membersihkan puing-puing rumah yang sempat dibakar massa, Senin lalu. 

Akibat bentrok sejak Minggu lalu, 12 orang tewas dan tiga luka-luka. Selain itu, 1.663 orang mengungsi di beberapa gedung yang sudah disediakan. "Beberapa pengungsi sudah ada yang diambil keluarganya," jelas Sulistyaningsih.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali
Ghea Indrawari

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Namun di usianya sekarang ini, Ghea Indrawari merasa masih ada banyak hal yang perlu ia lakukan sendiri termasuk mengejar kariernya di industri hiburan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024