Konflik Berdarah, Ini Permintaan Kapolri untuk Kepala Daerah

Bentrok Antar Warga di Lampung
Sumber :
  • Antara/Kristian Ali

VIVAnews - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Timur Pradopo, meminta kepala daerah berperan aktif dalam mengatasi konflik yang terjadi di Lampung Selatan. "Tentu saja kami akan kedepankan pemerintah daerah. Kami akan tegas demi hukum," kata Timur di Bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta, Selasa 30 Oktober 2012.

Bukan hanya di Lampung, konflik yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia juga harus diselesaikan secara bersama-sama. Penegak hukum dan pemerintah daerah. "Tentu saja ada ciri khas masing-masing daerah. Ciri khas itulah yang harus dikedepankan masyarakat untuk tindakan preventif," kata Kapolri.

Nurul Ghufron Jelaskan Alasan Dirinya Mangkir di Sidang Etik Dewas KPK

Sebagaimana luas diberitakan bahwa terjadi bentrokan antar warga yang memakan korban jiwa di Lampung Selatan. Bentrokan itu terjadi semenjak Minggu, 28 Oktober 2012. Antara warga Desa Balinuraga dan Desa Agom. Tiga orang tewas. Enam rumah terbakar.

Senin, 29 Oktober 2012, pecah bentrokan di Kalianda, juga di Lampung Selatan. Tujuh orang tewas. Setidaknya 16 rumah terbakar. Kebanyakan korban tewas ditemukan di areal perkebunan dan persawahan, dengan kondisi tubuh penuh luka bacokan.

Dengan demikian, total ada 10 korban tewas dalam peristiwa bentrok yang terjadi dua hari berturut-turut itu. Sebanyak 1.200 warga Desa Balinuraga terpaksa mengungsi. Mereka ditempatkan di tiga gedung yang sudah disediakan dan mendapat pengawalan ketat aparat.

Siap Maju di Pilkada Jakarta, Ahmed Zaki Lakukan Ini Untuk Dongkrak Elektabilitas
Sarwendah

Keluarganya Sering Diterpa Gosip Miring, Sarwendah Ngerasa Serba Salah

Rumah tangga Sarwendah dengan Ruben Onsu belakangan ini diterpa kabar tak sedap. Bermula dari penyataan Sarwendah mengenai dirinya yang tinggal di rumah adik 2 bulan ini.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024