5 Negara Ramaikan Pekan Budaya Nusantara

Pelepasan Kontingen AMPG, Atraksi Reog
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Beragam ritual adat kebudayaan Indonesia dipamerkan dalam Gelar Budaya Nasional 2012 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur. Gelar Budaya Nasional 2012 adalah sebuah acara yang menampilkan banyak kesenian budaya dari berbagai provinsi di Indonesia.

Dengan mengambil tema 'Ritus-ritus Pangan Nusantara', Gelar Budaya Nusantara 2012 resmi dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti. Acara ini diikuti oleh 8 komunitas adat di Indonesia.

"Tujuan Gelar Budaya Nusantara ini selain untuk seni tradisi yang kita miliki hidup lestari dan terus berkembang, saya percaya dari senilah benteng tradisi bisa dipertahankan," kata Wiendu kepada VIVAnews.com, Minggu 27 Oktober 2012.

Rencananya acara ini akan digelar selama 3 hari, mulai 27-29 Oktober 2012, dan menampilkan kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia. Sebut saja Upacara Randang Lingko dari Manggarai, NTT, Upacara Adat Dumaan dari Suku Dayak Kayaan Bahau di Kalimantan Timur, dan Ritual Kebo-keboan dari Banyuwangi.

Acara dimulai dari pagi sampai sore di Tugu Api. Malam harinya, acara dilanjutkan dengan pertunjukkan seni di arena panggung, tak jauh dari Tugu Api TMII. Nantinya, acara akan ditutup dengan pertunjukan wayang. Dalam acara pembukaan, sejumlah kesenian daerah mulai dipertunjukkan.

Ada Reog Ponorogo asal Jawa Timur dan Topeng Ireng asal Gunung Merapi Yogyakarta. Banten pun turut memamerkan keseniannya lewat Upacara Saren Taun. Upacara ini adalah wujud rasa syukur masyarakat Banten atas hasil panen melimpah yang telah diberilkan Tuhan. Upacara Saren Taun dilakukan oleh komunitas adat dari Kasepuhan Cisungsang, Banten.

Menariknya, Gelar Budaya Nusantara 2012 juga dimeriahkan beragam kebudayaan asal mancanegara seperti Meksiko, India, Filipina, AS dan Venezuela.

Peringatan Hardiknas 2024 Menag Yaqut Menegaskan Merdeka Belajar Harus Dilanjutkan
The Weeknd

Bentuk Kepedulian pada Gaza, The Weeknd Kembali Donasi Senilai Rp32,5 Miliar

The Weeknd kini kembali menunjukkan aksi kepeduliannya pada kemanusiaan dengan melakukan donasi, yang nilainya sebesar Rp 32,5 miliar untuk stok makanan masyarakat Gaza. 

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024