Menhut Gandeng KNPI Kelola Hutan

Tanam Pohon May Day
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia Taufan EN Rotorasiko menandatangani nota kesepahaman pelestarian kawasan hutan.

Zulkifli Hasan mengajak seluruh unsur KNPI bekerja sama melestarikan dan melindungi hutan yang terus mengalami kerusakan akibat perambahan liar.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

"Mari kita lawan perambahan hutan. Saya mengajak KNPI berdemo menanam pohon," kata Zulkifli di Rakernas I KNPI di Senggigi, Lombok Barat, NTB, Selasa 23 Oktober 2012.

Zulkifli meminta KNPI berperan aktif mendukung pelestarian dan pemanfaatan kawasan hutan untuk kesejahteraan masyarakat. Sejumlah program kementerian yang perlu mendapat dukungan salah satunya Kebun Bibit Rakyat (KBR). Ini merupakan salah satu prioritas kementerian sejak 2010.

Program lain yang jadi andalan yakni Hutan Kemasyarakatan. Kementerian sudah mencanangkan 600 ribu hektare hutan kemasyarakatan pada 2010 dan 700 ribu hektare pada 2011 untuk Hutan Kemasyarakatan.

"Program itu bisa dimanfaatkan KNPI dengan cara berperan dalam program itu. Jangan sampai lahan yang sudah dicanangkan itu salah sasaran," kata mantan Sekjen PAN ini.

Pada program itu, masyarakat yang tinggal di pinggir kawasan hutan dapat mengelola. Pengelolaan itu dilakukan dengan cara mengambil manfaat hasil hutan nonkayu tanpa harus menebang.

Kementerian juga menyediakan dana bagi masyarakat yang memiliki lahan untuk ditanami pepohonan. Masyarakat bisa memperoleh dana pinjaman senilai Rp20 juta untuk satu hektare lahan yang akan ditanami.

"Dana itu dikembalikan setelah 9 tahun masa peminjaman dengan bunga sekitar 5-6 persen," kata Zulkifki. Dia berharap KNPI dapat berbuat secara nyata dengan cara ikut serta menjalankan program penghijauan. (eh)

Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024