Rawan Penyimpangan, Data Napi Kini Dikomputerisasi

Wakil Menkumham Denny Indrayana Saat Jumpa Pers Verifikasi Partai Politik
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin


VIVAnews – Pemberian remisi hingga pembebasan bersyarat narapidana kali ini tak akan lagi mengandalkan perhitungan manual. Setahun terakhir, data separuh Lembaga Pemasyarakatan sudah terkonsolidasi dalam sistem database pemasyarakatan atau SDP.

"Dasar pengambilan kebijakan pemberian keringanan hukuman, ke depan akan menggunakan SDP ini," kata Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana dalam keterangan tertulisnya, Selasa 23 Oktober 2012.

Menurut Denny, sistem terkomputerisasi dan transparans menjadi salah satu upaya menekan semua kerawanan penyimpangan, terutama dalam pemberian keringanan hukuman narapidana.

Pengembangan dan penggunaan sistem itu menjadi dasar mengatasi persoalan "kelebihan" masa penahanan. Terlepas adanya masalah di instansi lain terkait masa penahanan, Denny meminta jajarannya untuk tertib administrasi, mengikuti peraturan perundangan.

"Tidak ada surat perpanjangan masa penahanan, keluarkan demi hukum," ujar Denny yang mensosialisasikan sistem ini di sela Semiloka Sosialisasi Standar Pelaksanaan Tugas Pemasyarakatan, di Surabaya, Jawa Timur, semalam.

Yang terpenting, kata dia, harus dipastikan tidak ada pungutan liar dalam pengeluaran tahanan ini. Proyek percontohan pengembangan dan penggunaan sistem ini sudah dimulai pada 2009. Yakni di LP Khusus Narkoba Cipinang dan LP Salemba. Pengembangan sistem secara nasional dimulai pada 2011.

"Kini 258 UPT (Lapas) yang datanya sudah terkonsolidasi," ujar Direktur Infokom Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Haru Tamtomo. Hingga 22 Oktober 2012, 105 ribu dari 148 ribu data narapidana sudah masuk dalam SDP.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024