Menhan: Saat Pesawat Tempur Jatuh, Ada yang Harus Diamankan

Pesawat Hawk 200 milik TNI AU jatuh di Pekanbaru
Sumber :
  • ANTARA/Azwar

VIVAnews - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro memerintahkan TNI Angkatan Udara untuk mengusut kasus dugaan kekerasan seorang perwiranya atas wartawan Riau Pos, Didi Herwanto. Namun, Purnomo mengingatkan bahwa prosedur penanganan kecelakaan pesawat tempur berbeda dengan pesawat komersil.

"Sama ketika F27 yang jatuh di Bandung, juga di Halim waktu itu," kata Purnomo di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu 17 Oktober 2012.

Menurut Purnomo, prosedur saat pesawat temput jatuh memang lebih ketat dibanding pesawat komersil. Ada beberapa bagian pada pesawat tempur yang bersifat rahasia, seperti peralatan elektronik, senjata yang dibawa, dan sejenisnya.

"Ada lingkaran tertentu yang mesti diamankan," kata Purnomo. Maka itu, posisi pesawat dan serpihan-serpihan langsung dijaga ketat agar tidak berubah saat pemeriksaan berlangsung.

Apakah benar ada senjata atau rudal di pesawat Hawk yang jatuh di Pekanbaru? "Kami tidak mengatakan itu," kata Purnomo. "Biasanya, kalau dialatihan bisa membawa bom, bisa juga tidak. Tergantung dari jenis latihannya."

Terkait dengan dugaan kekerasan yang menimpa wartawan, Purnomo sudah memerintahkan untuk dilakukan pengusutan. Purnomo juga sudah menginstruksikan untuk mengumpulkan data kronologi awal kejadian.

"Makanya kami cek dulu itu kejadiannya seperti apa. Saya juga tidak tahu. Saya hanya lihat ada gambar begitu," kata mantan Menteri ESDM ini.

Aksi kekerasan yang menimpa Didi Herwanto itu terekam dalam kamera. Foto Didi yang ditindih dan dicekik cepat beredar di dunia maya. (ren)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024