Evakuasi Bangkai Hawk 200, Badan Pesawat Dipotong

Pesawat Hawk 200 milik TNI AU jatuh di Pekanbaru
Sumber :
  • ANTARA/Azwar

VIVAnews – Lanud Pekanbaru memulai proses evakuasi bangkai pesawat tempur Hawk 200 siang ini, Rabu 17 Oktober 2012, dengan menurunkan tim dari Dinas Keselamatan Penerbangan. Sejumlah alat berat seperti crane, truk, dan mobil pemadam kebakaran pun telah berada di lokasi.

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I, Marsekal Muda TNI Bagus Puruhito, menyatakan timnya saat ini sudah memotong badan pesawat. Pemotongan ini dilakukan agar badan pesawat muat diangkut menggunakan truk.

Demi keamanan dan keselamatan warga sipil, TNI juga meminta warga untuk menjauh dari posisi bangkai pesawat dengan jarak 350 meter. “Sementara tim bekerja, warga sengaja kami minta menjauh untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan,” ujar Bagus.

Setelah bangkai pesawat berhasil dimasukkan ke dalam truk, tim kemudian akan membawanya ke Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru untuk diperiksa lebih lanjut. Tim selanjutnya akan mencari tahu penyebab terjadinya kecelakaan pesawat.

Bagus menambahkan, saat ini pilot Hawk 200 yang berhasil menyelamatkan diri dengan memencet tombol kursi pelontar, dalam kondisi baik. “Ia hanya perlu interogasi dan penanganan saja,” kata dia. (ren)

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah
Sopyan Dado

Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini

Keluarga Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Ungkap Hal Ini

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024