Gempa 7 SR, Warga Aru Berhamburan ke Luar Rumah

Simulasi Bencana Tsunami dan Kebakaran
Sumber :
  • Antara/Basrul Haq

VIVAnews – Warga Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, panik saat gempa 7 Skala Ritcher mengguncang tanah merekan pagi ini, Jumat 12 Oktober 2012.

“Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah mencari tempat yang aman,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dalam rilis yang diterima VIVAnews.

Beberapa rumah mengalami kerusakan ringan akibat gempa itu. Namun dampak persis dari gempa masih dalam pendataan. Sutopo menyatakan, sampai saat ini belum ada laporan mengenai data korban. “Masyarakat pun sudah kembali ke rumah masing-masing,” kata dia.

Gempa Aru ini juga dirasakan di Ambon, dan Nabire serta Wamena di Papua. Namun guncangan paling kuat dirasakan di Kepulauan Aru, sedangkan goncangan di Nabire hanya dirasakan lemah. Gempa 7 SR ini disusul oleh dua gempa susulan.

“Terjadi gempa susulan 5,2 SR dan 5,1 SR,” ujar Sutopo. Pusat gempa terletak 103 kilometer utara Dobo, Maluku, dan berada pada kedalaman 24,7 kilometer. (umi)

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus
Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Jeep Rubicon Mario Dandy Bakal Dilelang Lebih Murah Usai Tak Laku, Berapa Harga Bekasnya?

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) akan melakukan ulang lelang mobil Jeep Rubicon Wrangler milik Mario Dandy Satriyo dengan harga murah karena tidak laku.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024