SBY: Yogya Bagian Utama dari Indonesia

Pesta pernikahan Kraton Yogyakarta
Sumber :
  • REUTERS/ Beawiharta

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X-Paku Alam IX sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam pelantikan, Presiden SBY menegaskan meski DIY berstatus istimewa, Yogya merupakan bagian penting dari Indonesia.

"Negara mengakui DIY sebagai daerah yang lain dengan daerah lainnya di Indonesia. Bersamaan dengan itu, saya tegaskan bahwa Yogya adalah bagian utama dari Indonesia," kata Presiden SBY dalam pidatonya di Gedung Agung, Istana Nagara, Yogyakarta, Rabu 10 Oktober 2012.

Pengakuan negara atas keistimewaan Yogya itu tertuang dalam Undang-Undang nomor 13 tahun 2012. SBY menitip beberapa pesan kepada Sultan dan Paku Alam. Pesan itu merupakan pekerjaan rumah dan tantangan bagi Yogya ke depan.

"Saya berharap, gubernur melakukan pengawasan atas penggunaan anggaran. Karena anggaran itu adalah uang rakyat yang harus dipertanggungjawabkan," jelas SBY.

SBY mengakui bahwa Yogya merupakan wilayah yang unggul dalam berbagai bidang seperti pendidikan, budaya, pariwisata dan industri kreatif. Tetapi, pekerjaan rumah tadi memang merupakan tantangan tersendiri.

Dalam kesempatan ini, Presiden SBY juga tak lupa mengucapkan selamat ulang tahun kepada Yogyakarta yang sudah memasuki lebih dari 2,5 abad. "Yogya tumbuh dengan dinamika dan perkembangan, serta tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan," jelas SBY. (umi)

Tantangan Penggunaan AI di Dunia Kedokteran
Detik-detik petugas seret Marhan Harahap yang akan menuju masjid

Detik-detik Marhan Harahap Meninggal usai Diseret Petugas saat Akan ke Masjid

Marhan Harahap, seorang jemaah yang akan menunaikan Salat Jumat, meninggal dunia setelah diadang oleh petugas saat akan masuk Masjid Agung Rantau Prapat Labuhan Batu.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024