Sultan Dilantik, 2.000 Pedagang Malioboro Tutup

Pesta pernikahan Kraton Yogyakarta
Sumber :
  • REUTERS/ Beawiharta

VIVAnews - Ribuan pedagang di kawasan Malioboro, Yogyakarta menutup lapak jualannya selama pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono X-Paku Alam IX sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlangsung hari ini. Pelantikan akan berlangsung di Gedung Agung, Istana Nagara.

Sultan akan dilantik langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono sekitar pukul 09.00 WIB. Lebih dari 2.000 pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di kawasan Malioboro menutup lapak jualannya selama pelantikan Sultan.

"PKL libur karena ada pelantikan Sultan dan Paku Alam sebagai gubernur dan wakil gubernur dan sekaligus syukuran peringatan ulang tahun kota Yogya yang ke-256," kata Rudianto, Ketua Lembaga Pemberdayaan Komunitas Kawasan Malioboro, Yogyakarta, kepada VIVAnews.

Sebelum pelantikan, para pedagang juga akan akan melakukan kegiatan bersih-bersih di Malioboro. Di sisi lain, para juru parkir juga akan menyambut dengan cara mengenakan busana tradisional Jawa selama satu hari.

Ketua Paguyuban Pasar Beringharjo, Ujun Junaidi, kepada VIVAnews menuturkan, bagi pedagang pasar Beringharjo belum ada keputusan untuk menyikapi pelantikan Sultan itu. Apakah semua pedagang menutup lapaknya atau diserahkan kepada pedagangnya masing-masing.

"Tidak ada imbauan untuk tutup dari Pemda, tetapi kami juga tidak memaksa teman-teman untuk menutup," ujar Ujun.

Pasar Beringharjo adalah pasar utama pusat penjualan batik di Yogya. Di Pasar Beringharjo ini terdapat 6.000 pedagang. Jika semua pedagang tidak berjualan diperkirakan mereka akan kehilangan omset penjualan yang tidak kurang dari Rp10 Miliar.

Menteri AHY Janjikan Ini soal Pengadaan Lahan untuk Proyek Strategis Nasional
KPK Tahan 15 Tersangka Kasus Pungli Rutan Sendiri, Salah Satunya Karutan

ICW Soroti Kasus Pungli di Rutan KPK: Betapa Bobroknya Lembaga Antirasuah Itu

KPK menetapkan sebanyak 15 orang menjadi tersangka kasus pungli di rutan KPK. Salah satunya kepala rutan.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024