Sultan Hamengku Buwono X Dilantik Jadi Gubernur Yogyakarta

Sri Sultan Hamengku Buwono X
Sumber :
  • kerajaannusantara.com

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX sebagai gubernur dan wakil gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2012-2017, Rabu 10 Oktober 2012.

Pelantikan akan berlangsung pada pukul 09.00 WIB di Gedung Agung, Yogyakarta. Presiden SBY telah tiba di Yogyakarta pada Selasa 9 Oktober 2012 siang dengan didampingi Ibu Negara, Ani Yudhoyono.

Berantas Judi Online, Tanggung Jawab Siapa?

Sultan dan Paku Alam menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Yogyakarta melalui proses penetapan oleh DPRD sebagaimana diatur dalam UU Keistimewaan Yogyakarta. Penetapan ini dilakukan pada Jumat 21 September 2012.

Mekanisme penetapan itu sebelumnya menjadi polemik di DPR sebelum pengesahan UU Keistimewaan Yogyakarta. Karena, muncul desakan gubernur dan wakil gubernur dipilih langsung oleh rakyat sebagaimana yang berlaku di daerah lain.

Namun, setelah terjadi tarik ulur di DPR, akhirnya pada 30 Agustus 2012, DPR menetapkan UU Keistimewaan Yogyakarta dengan mekanisme penetapan untuk gubernur dan wakilnya. Hanya saja, dalam UU itu diatur gubernur dan wakil gubernur Yogyakarta dilarang menjadi anggota partai politik tertentu.

Sebagai salah satu urusan keistimewaan, pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur berasal dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang dipimpin oleh Sultan Hamengku Buwono yang bertahta sebagai calon gubernur dan dari Kadipaten Pakualaman yang dipimpin oleh Adipati Paku Alam yang bertahta sebagai calon wakil gubernur.

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Firman Soebagyo

Golkar Merasa Wajar jika Dapat 5 Kursi Menteri dalam Kabinet Prabowo-Gibran

Keinginan Partai Golkar mendapat jatah lima kursi dalam kabinet Prabowo-Gibran diklaim wajar. Sebab Golkar parpol yang mengusung cawapres Gibran Rakabuming Raka. 

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024