Perampok Rp2 Miliar Uang BRI Dibekuk

Bank BRI Unit Banyu Urip Surabaya yang dirampok
Sumber :
  • VIVAnews/ Tudji Martudji

VIVAnews - Upaya jajaran Reserse Kriminal Kepolisian Resor Batanghari, Jambi, mengejar pelaku perampokan uang PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) cabang Muarabulian, Jambi, sebesar Rp2 miliar membuahkan hasil. Kawanan perampok ini berhasil diamankan di Desa Laut Tador, Kecamatan Indrapura, Kabupaten Batubara, Asahan, Sumatera Utara.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Batanghari, Ajun Komisaris Soekamto, menyatakan, salah satu pelaku yang berhasil diamankan yakni berinisial DW alias BB.

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

"Tersangka DW alias BB berhasil ditangkap di daerah pelariannya pada Jumat, 5 Oktober 2012 pukul 12.40 WIB di Desa Laut Tador, Kecamatan Indrapura, Kabupaten Batubara, Asahan, Sumatera Utara," ujar Soekamto, Minggu 7 Oktober 2012.

Dari tangan tersangka, polisi menyita beberapa barang bukti antara lain satu buah kalung emas, satu unit sepeda motor merek Yamaha Vixion, dan uang tunai sebesar Rp165 juta. Dari hasil pemeriksaan tersangka, dia melanjutkan, diketahui ada tiga pelaku lain yaitu SD, RD, dan PR alias KC. RD dan PR alias KC diketahui sebagai eksekutor perampokan bank tersebut.

"Tim kami bagi dua. Satu tim melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap BB dan satu tim lainnya melakukan pengejaran tersangka lain," kata Soekamto.

Pada kasus ini, selain menangkap BB, polisi sebelumnya juga telah mengamankan dua tersangka lainnya yakni KS dan BN alias YN. "Saat ini, berkas perkara kedua tersangka ini sudah pada tahap I dan menunggu P 21," ujar Soekamto.

Perampokan uang kas milik BRI cabang Muarabulian ini terjadi pada Rabu, 15 Agustus 2012 sekitar pukul 11.30 WIB di Desa Ladang Peris, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari. Pada saat itu, dua orang karyawan dan dua sekuriti bersama satu sopir membawa uang kas BRI setempat senilai Rp6,7 miliar yang akan disetorkan ke tiga unit BRI di Kecamatan Sungaibahar, Kabupaten Muarojambi.

Dalam perjalanan, mobil dihadang dua perampok yang langsung menodongkan senjata api. Bahkan, dua orang sekuriti luka tembak di punggung bagian belakang. Dari tiga kantong uang yang ada di dalam brankas mobil, hanya satu kantong berisi Rp2 miliar yang dibawa kabur perampok.

Pada pengembangannya, diketahui aksi perampokan itu melibatkan "orang dalam" bank, yakni salah satu sopir senior BRI Muarabulian yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Rencana perampokan ini juga telah dirancang sejak tiga bulan sebelum kejadian. (art)

Vidi Aldiano

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Selebriti Vidi Aldiano mengaku suka belanja online dan berburu gratis ongkos kirim. Hal ini ia terapkan demi menghemat pengeluaran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024