Redam Anarki, Kemendagri Diminta Bentuk Forum Ormas

Bentrokan laskar militan vs warga di Solo
Sumber :
  • ANTARA/ Andika Betha

VIVAnews - Lembaga Dakwah Islam Indonesia mengusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri untuk membentuk forum ormas guna membantu pemerintah mensukseskan program pembangunan di Indonesia.

Charly Van Houten dan Muhammad Daud Kolaborasi dalam Lagu Tulang Rusuk

Ketua DPP LDII, Prasetyo Sunaryo, mengaku usulan tersebut didasari dengan masih adanya ormas-ormas yang terkotak-kotak di daerah dan sering terjadi gesekan yang berujung pada anarkisme.

Untuk itu, DPP LDII menilai alangkah baiknya ormas tersebut diwadahi dalam forum ormas sesuai dengan kegiatan yang mereka lakukan.

"Kalau yang melakukan kegiatan sosial bisa masuk dalam forum sosial, lingkungan dan seterusnya, sehingga Kementerian Dalam Negeri bisa melakukan pembinaan dan pemberdayaan," kata Prasetyo usai bertemu Mendagri, Gamawan Fauzi, di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Jumat 5 Oktober 2012.

Presetyo menjelaskan, pemberdayaan ormas berbasis kegiatan yang dilakukan ini akan meningkatkan peran serta masyarakat dan ormas yang bersangkutan, sehingga dapat meminimalisasi gesekan yang sering terjadi. "Ini sangat penting untuk mendorong keikutsertaan ormas dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat," katanya.

Saat ini, pemerintah tengah menyusun Undang-Undang Keormasan. Prasetyo berharap jika Forum Keormasan tersebut dapat terbentuk setelah undang-undang disahkan. "Ini sangat penting agar di antara ormas bisa saling tukar menukar pengalaman dalam pengabdian kepada masyarakat," ujar dia.

Di sisi lain, LDII meminta pemerintah untuk memberikan aturan yang jelas mengenai hubungannya dengan seluruh ormas, sehingga pemerintah tidak lagi canggung dalam melakukan pembinaan. "Hubungan yang jelas antara pemerintah dan ormas tersebut harus masuk dalam undang-undang yang tengah dibahas antara pemerintah dan DPR," ujar Prasetyo.

Tim pengkaji

Menanggapi hal tersebut, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, segera membentuk tim untuk melakukan pengkajian dan pengklasteran ormas yang ada Indonesia berdasarkan dengan kegiatan yang mereka lakukan.

"Apa yang akan dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri ini, LDII siap membantu proses tersebut, sehingga seluruh ormas yang ada di Indonesia bisa terkoneksi satu sama lain," kata Prasetyo.

Sebelumnya, LDII juga melakukan pertemuan dengan Menteri Agama Suryadharma Ali untuk menyampaikan hal yang serupa berkait dengan ormas yang berbasis pada keagamaan. (art)

Pembalap Indonesia Qarrar Firhand Berhasil Finis Kelima di Trofeo Andrea Margutti
Ilustrasi penjara

Nekat Selundupkan Sabu di Sepatu, Pengunjung Rutan di Tangerang Ditangkap

Sabu seberat 5,5 gram itu diselundupkan untuk salah seorang narapidana berinisial AR.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024