Puluhan Provost Geruduk KPK, Jemput Paksa Penyidik

KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Sejumlah anggota Provost dari Mabes Polri mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sedikitnya enam mobil yang ditumpangi anggota Provost diparkir di samping gedung KPK sejak pukul 19.00 WIB. Mereka lalu masuk ke gedung KPK melalui pintu belakang. Sebagian berpakaian preman dan lainnya mengenakan pakaian Provost.

Sumber VIVAnews menyebutkan, kedatangan mereka ingin menjemput lima penyidik Polri yang masih bertugas di KPK. "Iya benar jemput," katanya.

Suasana di gedung KPK terlihat mencekam. Mereka menyebar di sekitar gedung KPK. Menjaga setiap gerbang masuk KPK. Sinyalemen penjemputan paksa lima penyidik Polri yang bertugas di KPK siang tadi sudah diungkapkan oleh Wakapolri Komisaris Jenderal Nanan Sukarna.

"Bukan lagi bisa, malah berkewajiban. Menahan itu karena tugas, tanggung jawab dan kewajiban," kata Nanan.

Nanan mengatakan, pihaknya telah memberitahukan undang-undang dan aturan yang berlaku di internal Polri kepada KPK. Meskipun bertugas di KPK, para penyidik itu tetaplah anggota kepolisian.

Nanan mengakui adalah hak dari mereka untuk memilih pekerjaan dan menentukan nasib sendiri. Namun demikian, dalam setiap hak, terdapat kewajiban.

"Ingat, 30 hari belum melapor sejak masa tugasnya habis namanya desersi (pembelotan). Bisa dibilang insubordinasi (pemberontakan). Begitu termasuk saya. Saya bintang tiga, apalagi bintang tiga. Seharusnya melapor. Ada etika. Sudah menjadi kontrak mati," ucap Nanan. (art)

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh
Alvina Elysia Dharmawangsa

Mengenal Sepak Terjang Karier Alvina Elysia, Dirut Perempuan di Anak Perusahaan Pupuk Kaltim

Alvina Elysia Dharmawangsa Mengawali karier di tahun 2008 sebagai staff Process Engineer di pabrik Pupuk Kaltim usai menuntaskan pendidikan tingginya dari jurusan Teknik

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024