Dinilai Kemahalan, Anggaran Pelantikan Gubernur DIY Dipangkas

Sri Sultan Hamengku Bawono X.
Sumber :
  • Antara/ Regina Safri

VIVAnews - Anggaran sebesar Rp1,6 miliar untuk pelantikan jabatan gubernur dan wakil gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dinilai sangat boros oleh berbagai pihak.

Menyikapi hal itu, Gubernur DIY Sri Sultan HB X, akan memangkas pos anggaran sehingga pelantikan tidak memakan biaya yang tinggi.

"Kami akan mengurangi jumlah tamu VIP. Nanti akan ada pemangkasan dan tidak akan sampai Rp1 miliar. Ora-ora..nek mewah (tidak akan mewah)," kata Sultan, Senin 1 Oktober 2012

Menurut Sultan, tamu VIP yang akan diundang tidak akan mencapai 1.000 orang, seperti perkiraan semula. Tamu VIP yang akan diundang hanya dari Komisi II DPR, Komite I DPD, raja-raja se-Jawa, dan beberapa menteri. "Untuk negara sahabat, yang diundang hanya mereka yang pernah datang ke Yogya saja, kira-kira 14 orang," kata Sultan.

Dalam rapat dengar pendapat antara pihak ekskutif yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Ichsanuri, dengan kalangan dewan di DPRD DIY, mayoritas anggota dewan yang hadir sepakat untuk memangkas anggaran yang ada.

Rencananya, gubernur dan wakil gubernur DIY akan dilantik pada tanggal 9 Oktober 2012 di Siti Hinggil Pagelaran, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Otoritas IKN Kerjasama dengan Universitas Leiden Belanda
Ilustrasi/Petani

Harga Kembang Pala Meroket hingga Ratusan Ribu Gegara Bumbu Masakan Diburu

Harga bunga pala (fuly) di pusat penjualan hasil perkebunan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) meroket saat ini.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024