Korban: Tenggelamnya Kapal Bahuga Seperti Titanic

perahu tenggelam di bali
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Kapal Motor Bahuga Jaya tenggelam di Selat Sunda setelah menabrak kapal tanker, Rabu 26 September 2012. Delapan penumpang kapal yang berlayar dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni itu tewas.

Penumpang yang berhasil selamat dievakuasi ke Merak dan Bakauheni. Di ruang tunggu Pelabuhan Bakauheni, para penumpang yang selamat terlihat masih syok. Di antara penumpang itu, beberapa menuturkan kisah kecelakaan itu.

Salah satunya penumpang bernama Arpan (48). Penumpang pejalan kaki yang ingin kembali ke Lampung ini mengaku merasakan keganjilan saat hendak naik ke Kapal Bahuga Jaya. "Saat itu, anak saya yang masih kecil, beberapa kali melarang saya untuk berangkat, ia terus merengek. Sebelum berangkat juga handphone saya jatuh tiga kali," kata Arpan kepada VIVAnews di Pelabuhan Bakauheni.

Meski demikian, Arpan menganggap firasatnya itu sebagai kejadian biasa saja. Sebelum naik kapal, dia abaikan perasaan itu. "Tapi saat sudah di kapal, perasaan saya jadi tidak enak, ternyata firasat itu benar karena terjadi kecelakaan ini,” ujar pria yang bekerja di Bengkulu ini. Akibat kecelakaan ini, kaki Arpan tergencet mobil, jalannya masih terpincang.

Penumpang selamat lainnya, Santos (27), menyebut kecelakaan yang dia alami ini mirip peristiwa tenggelamnya Kapal Titanic di film. "Kapal miring karena dihantam bagian samping oleh kapal tanker, kemudian terombang-ambing sekitar satu jam sebelum tenggelam," kisahnya.

Menurut dia, seluruh penumpang panik dan menjerit-jerit karena suasana gelap. "Kapal sekoci juga sangat sedikit, sehingga banyak yang berpegangan dengan benda-benda yang mengapung di sekitarnya," dia menambahkan.  Beruntung, sekitar lima kapal bantuan datang dan mengelilingi penumpang yang terapung di laut, sehingga mereka tidak terbawa arus.

Hingga kini, data yang dihimpun dari ASDP Pelabuhan Bakauheni Lampung, ada 8 penumpang meninggal. Dua orang yang baru bisa diidentifikasi bernama Maryono (35) warga Ranau, Lampung Barat dan Prianto (55) warga Serang. Sementara, 207 lainnya berhasil diselamatkan.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024