Jokowi Rekomendasikan 5 Nama Pemimpin Solo

Joko Widodo
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews – Calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, telah mempersiapkan diri untuk meninggalkan jabatannya saat ini sebagai Wali Kota Solo. Salah satunya dengan memberi masukan soal siapa sosok yang ia anggap pantas mendampingi FX Hadi Rudyatmo selaku Wali Kota Solo yang baru.

“Saya merekomendasikan lima atau empat orang, bukan hanya satu. Semuanya potensial untuk menjadi wakil wali kota,” kata Jokowi di Solo, Rabu 26 September 2012. Namun Jokowi tak mau membeberkan nama-nama itu.

Kemenangan Jokowi dalam Pilkada DKI Jakarta otomatis membuatnya mundur selaku Wali Kota Solo. FX Hadi Rudyatmo yang selama ini mendampinginya sebagai Wakil Wali Kota Solo pun naik ke tampuk pimpinan tertinggi Solo, sementara Wakil Wali Kota Solo yang baru akan dicari.

Jokowi pun memiliki kriteria ideal soal Wakil Wali Kota Solo ini, yaitu bisa diterima oleh masyarakat Solo. Wakil Wali Kota Solo itu, menurut Jokowi, bisa berasal dari kalangan keraton, tokoh agama, tokoh organisasi masyarakat, pengusaha, tokoh politik, sampai pengacara.

Namun Jokowi menegaskan, perannya hanya merekomendasikan nama Wakil Walo Kota Solo, sementara keputusan akhir tidak terletak di tangannya. “Apapun, yang menentukan calon adalah partai, yaitu PDI Perjuangan. Partai selanjutnya akan mengajukan nama itu ke DPRD Solo,” kata dia. (adi)

Pelatih Kiper Persebaya Surabaya Suntikan Semangat untuk Ernando Ari
Ilustrasi pesawat/traveling.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Negera-negara tetangga, seperti Asia Tenggara kerap dipilih pelancong Indonesia jika ingin berlibur ke luar negeri. Selain dekat, traveling ke sana lebih terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024