Mendagri Siap Bantu Jokowi Mundur di Solo

Jokowi Temui Pendukung di Posko Pemenangan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan dia akan turun tangan jika Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Solo menghalangi Joko Widodo mundur dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo. Joko Widodo kemungkinan besar terpilih jadi Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

"Saya kira DPRD Solo setuju (Jokowi mundur). Kalau tidak kami akan turun (tangan)," kata Gamawan. "Seperti halnya di Garut, di sana Kemendagri juga turun ke DPRD," kata dia di Gedung DPR, Senin 24 September 2012.

Gamawan menjelaskan, pengunduran diri Jokowi ini, merupakan hak setiap orang dan diperbolehkan oleh Undang-undang. Pengunduran diri ini, juga sudah menjadi persyaratan Undang-Undang di mana jika seseorang mencalonkan telah terpilih menjadi kepala daerah di daerah lain, dia harus mengundurkan diri dari jabatan sebelumnya.

"Ketika dia mencalonkan, dia harus memberitahu kepada atasannya, katakanlah gubernur. Kalau gubernur sudah melepas, artinya itu sudah setuju kalau dilepas kalau berhasil," kata dia.

Jokowi sendiri menyampaikan, tak perlu mengajukan pengunduran diri dari Wali Kota Solo karena dengan terpilihnya dia sebagai Gubernur Jakarta, maka secara imperatif jabatan sebagai Wali Kota Solo dilepas. (umi)

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 28 April 2024
Ilustrasi menulis

Wow, Siswa SMP Negeri 255 Jakarta Masuk Nominasi Terbaik Kompetisi Menulis Surat untuk Presiden

Selain menulis surat untuk Presiden, kompetisi bertaj “NyalaKreatif” meliputi Kompetisi Website Literasi, Menulis Quote, Foto, Konten “Master Teacher,” Video Tari Kreasi.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024