NASIONAL

Ahmad Heryawan Dapat Gelar “Mamak" Orang Minang

Pemberian gelar adat ini dilakukan langsung oleh Gubernur Sumbar

ddd
Senin, 17 September 2012, 10:40
Ahmad Heryawan
Ahmad Heryawan (Humas Pemprov Jabar)

VIVAnews - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendapat gelar kehormatan sebagai “Mamak” dari warga Jawa Barat yang berasal dari Minangkabau. Pengukuhan gelar adat Minangkabau itu dilakukan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Prosesi berupa penyerahan pusaka itu berlangsung khidmat di hadapan ratusan hadirin warga Jawa Barat asal Minangkabau yang memadati Gedung Pertemuan Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Provinsi Jawa Barat, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Minggu 16 September 2012 malam. Baik Gubernur Jawa Barat maupun Gubernur Sumatera Barat masing-masing didampingi Istri. Untuk diketahui, kedua gubernur ini merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera.

Sebelumnya, acara diawali dengan menyambut kedatangan Ahmad Heryawan dan Ibu Netty Prasetiyani Heryawan diiringi Tambua Maninjau dan Tari Pasambahan. Antusias hadirin sudah Nampak sejak Gubernur Jawa Barat beserta istri tiba di lokasi hingga acara usai.
 
Menanggapi penghargaan berupa gelar “Mamak” yang diterimanya itu, Ahmad Heryawan atau yang akrab disapa Kang Aher menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih setinggi-tingginya khususnya kepada warga Jawa Barat asal Minangkabau dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat beserta para tokoh adat dan agama. Gelar ini menurutnya bentuk pengakuan warga Minangkabau terhadap dirinya.

Menurut Heryawan, gelar “Mamak” mengandung makna yang luar biasa, karena di dalamnya terkandung tanggungjawab sebagai pemimpin sekaligus pengayom. Selain itu juga, sebagai tempat bertanya dan mengadukan persoalan yang ada di tengah masyarakat. “Ibaratnya, Mamak adalah sebagai pohon besar di tengah padang. Pohon itu sebagai tempat berteduh, bersandar, bergantung dan berkumpul bersama bagi seluruh warga,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Senin 17 September ini.
 
Pengukuhan gelar “Mamak” kepada Gubernur Jawa Barat merupakan rangkaian kegiatan PKM (Perhimpunan Keluarga Minang) atau warga Jawa Barat asal Minang Sumatera Barat, yang melaksanakan kegiatan Halal bi halal 1433 Hijriyah. Sejumlah  rangkaian acara telah diselenggarakan  sejak Ahad Minggu pagi, dimulai dengan seminar bertema “Kualitas Pendidikan di Sumatera Barat dan Interprenership orang Minang di Ranah dan di Rantau” , di Gedung Serba Guna Minang Jalan Cikutra Baru no 19 Kota Bandung.

Pembicara seminar antara lain Ketua DPD-RI Irman Gusman, Gubernur Sumatera Barat Iwan Prayitno, Dirut Bank Nagari Suryadi Ismi, Ketua DPRD Sumbar Ervin Caniago, pengusaha ekspor/ impor cokelat/ Ketua Bidang Ekspor Impor Saudagar Muda Minang (SMM) Jawa Barat. Turut hadir sejumlah tokoh adat, tokoh agama, pejabat, baik dari lingkup Provinsi Jawa Barat maupun Sumatera Barat.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com