Tembok Rumah Retak Usai Letusan Gunung Lokon

Gunung Lokon di Tomohon menyemburkan lava pijar
Sumber :
  • Antara/ Jemmy

VIVAnews - Letusan Gunung Lokon semalam, Sabtu, 14 September 2012, membuat banyak dinding rumah warga retak dan kaca jendela pecah berantakan. Hingga saat ini warga dilarang beraktivitas dalam radius 2,4 kilometer dari pusat kawah Tompaluan.

Akibat letusan itu, abu vulkanik menyelimuti atap rumah warga di kota Tomohon, Sulawesi Utara. Salah satu warga yang juga memiliki penginapan, Meydi, menjelaskan letusan Gunung Lokon mengagetkan warga. "Letusan Lokon tadi malam sangat keras terdengar, hingga kaca penginapan bergetar. Getarannya cukup lama. Kami sangat kaget," ujarnya kepada VIVAnews.

Senada dengan Meydi, warga kota Tomohon Jemmy, menjelaskan letusan Gunung Lokon sempat memecahkan kaca setebal 0,5 cm. Tembok rumahnya juga retak gara-gara letusan itu. "Letusannya sampai membuat kaca pecah," ujarnya.

Petugas Pos Pemantauan Gunung Lokon, Farid Bina, menjelaskan usai meletus tadi malam, hingga hari ini aktivitas gunung masih intensif. Hal ini ditandai dengan tingginya frekuensi kegempaan. "Terekam di alat tremor vulkanik, tercatat dalam angka tremor, amplitudo 5 sampai 7 mm," kata dia.

PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) masih menetapkan status Gunung Lokon "Siaga" atau ada di level III. Seperti diketahui, Gunung lokon meletus  Sabtu kemarin pukul 18.53 WITA. Dentumannya yang dahsyat terdengar sampai Kota Manado. Padahal, jarak Kota Tomohon dan Kota Manado berjarak sekitar 35 km.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun
Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024