VIDEO: Hujan Buatan, Menabur Garam di Langit

Ilustrasi/Awan gelap yang menaungi langit Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Hujan buatan berhasil membasahi bumi Jambi. Hujan buatan senilai Rp3,5 miliar itu diciptakan dengan cara menabur garam di atas awan.

"Jadi ada 10 ton garam yang bakal ditabur selama 30 hari. Kami berkoordinasi dengan TNI untuk menabur garam," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Zubaidi AR.

BPBD Jambi menerima alokasi dari pemerintah pusat senilai Rp3,5 miliar untuk hujan buatan yang diproyeksikan selama 30 hari. Ada tiga daerah kabupaten di Provinsi Jambi yang menjadi prioritas mendapatkan hujan buatan untuk mengantisipasi kabut asap yang semakin pekat di daerah itu.

Ketiga daerah itu masing masing adalah Kabupaten Muarojambi, Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat. Ketiga daerah itu dipilih karena potensi kebakaran di Jambi tercatat paling banyak akibat luasnya lahan gambut di tiga daerah itu.

Selain tiga kabupaten itu, kawasan Kota Jambi dan bandara Sultan Thaha Syaefuddin, Jambi menjadi daerah prioritas hujan buatan.

"Daerah ini juga diprioritaskan untuk hujan buatan karena kondisi kabut asap sudah mengganggu aktifitas penerbangan sejak beberapa minggu terakhir," tambah Kepala UPT Hujan Buatan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), F. Heri Widodo.

Bagaimana proses penciptaan hujan buatan yang menaburi langit dengan garam? Salah satu bagian terpenting adalah dengan mencari awan yang potensial. Video:

Preman Jagoan Kampung Ngamuk Ditagih Bayar Makan Bubur, Keluarin Celurit dan Rusak Gerobak
BYD

Terpopuler: BYD Minta Maaf ke Konsumen, Mengecas Mobil Listrik Cuma 10 Menit

Berita yang membahas mengenai BYD minta maaf ke konsumen dan mengecas mobil listrik cuma 10 menit, banyak sekali dibaca sehingga menjadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024