NASIONAL

Harimau Putih di Kebun Binatang Surabaya Mati

Saat ini koleksi harimau milik Kebun Binatang Surabaya tinggal 6 ekor.
Minggu, 9 September 2012
Oleh : Ismoko WidjayaTudji Martudji (Surabaya)
Salah satu jenis Harimau Putih

VIVAnews - Koleksi hewan di Kebun Binatang Surabaya, Jawa Timur, kembali berkurang. Kali ini, Harimau Putih betina ditemukan mati petang tadi.

"Benar, Harimau koleksi KBS mati tadi sore sekitar pukul 15.30 WIB. Jenisnya betina, berumur 16 tahun," kata Kepala Humas Kebun Binatang Surabaya, Athan Warsito saat dihubungi VIVAnews.com, Sabtu malam 8 September 2012.

Harimau Putih bernama Shanty itu merupakan hewan yang lahir dan besar di Kebun Binatang Surabaya. Menurut Athan, sejak tiga tahun lalu harimau jenis langka itu memang sudah menderita lumpuh.

Saat dipastikan sudah tidak bernyawa, petugas kebun binatang langsung melakukan autopsi kepada hewan itu. "Diketahui mati akibat mengalami nekropsi radang paru-paru, serta gangguan ginjal dan hati," kata Athan.

Dengan matinya Shanty, saat ini koleksi harimau milik Kebun Binatang Surabaya tinggal enam ekor. Kebun Binatang Surabaya memang sering kali ditinggal mati oleh hewan koleksinya.  Maret lalu, banteng yang diberi nama Leo yang berusia 6 tahun juga mati akibat mengalami patah kaki.

Sebelum Leo, seekor komodo, celeng dan jerapah juga mati di kebun binatang ini. Tercatat, dalam kurun waktu lima tahun sejak 2006 hingga 2010, jumlah satwa KBS yang mati tercatat 1.919 ekor, sementara yang lahir atau menetas 1.089 ekor.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found