Jumat Keramat, Zulkarnaen-Golkar Siap Ditahan KPK

Zulkarnaen Djabar Penuhi Panggilan KPK
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa mantan anggota Badan Anggaran DPR, Zulkarnaen Djabar dalam kasus suap pembahasan anggaran pengadaan kitab suci dan pengadaan IT di Kementerian Agama tahun 2010-2011.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai tersangka," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di kantornya.

Pemeriksaan perdana seorang tersangka di hari Jumat, biasanya diikuti dengan upaya penahanan oleh penyidik KPK. Sejumlah tersangka kasus korupsi juga ditahan di hari pertamanya diperiksa sebagai tersangka, kebetulan di hari yang sama yaitu Jumat.

Sayangnya Johan belum dapat memastikan, apakah penyidik KPK akan langsung menahan politisi Partai Golkar itu. "Intinya dia diperiksa sebagai tersangka," ucap Johan.

Kuasa Hukum Zulkarnaen, Yusril Ihza Mahendra menghormati apapun keputusan KPK, termasuk jika ada upaya penahanan terhadap kliennya. Namun demikian, pihaknya berharap KPK objektif dan melakukan pemeriksaan yang berimbang kepada kliennya.

"Beliau bersedia kooperatif, dan secara aktif melakukan pembuktian. Sehingga tidak ada kekhawatiran melakukan pembuktian terbalik," ujar Yusril.

Zulkarnaen menjadi tersangka dalam tiga kasus di Kementerian Agama. Dia bersama anaknya, Dendy Prasetyo Zulkarnaen Putra diduga terlibat suap pengadaan Alquran pada 2011 di Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag.

Kedua, dia diduga terlibat kasus korupsi proyek pengadaan laboratorium komputer Madrasah Tsanawiyah di Ditjen Pendidikan Islam Kemenag 2011.

Dan ketiga, dia diduga terlibat suap proyek pengadaan Alquran tahun anggaran 2012. Dendy adalah Direktur PT Perkasa Jaya Abadi Nusantara, rekanan pengadaan komputer di sejumlah madrasah. (umi)

David Da Silva Hattrick, Persib Bandung Benamkan Persebaya Surabaya
Konser TVXQ di Jakarta

Bikin Kagum, TVXQ Ucapkan Selamat Lebaran Bagi Penggemarnya di Indonesia

TVXQ ucapkan selamat lebaran bagi penggemarnya di Indonesia. Teriakan penggemar terdengar histeris

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024