Makam Kartosoewirjo di Pulau Ubi Hilang?

Sardjono Kartosuwiryo
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Sardjono Kartosoewirjo, anak ke-12 tokoh pencetus Negara Islam Indonesia (NII) Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo, berencana mengunjungi Pulau Ubi, Kepulauan Seribu. Di lokasi itu seperti yang disebut dalam buku Ketua Alumni Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Fadli Zon, terkubur makam sang ayah, tokoh DI/TII Kartosoewirjo.

"Sudah ada rencana kesana," kata Sardjono usai peluncuran buku Fadli Zon "Hari Terakhir Kartosoewirjo: 81 Foto Eksekusi Mati Imam DI/TII," di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu 5 September 2012.

Meski ada rencana ke Pulau Ubi, Sardjono sudah mendapat kabar bahwa makam di Pulau Ubi sudah tidak ada. "Saya dengar sudah hilang makamnya. Makanya saya mau memastikan saja. Karena yang di Onrust juga belum terbukti," kata dia.

Sardjono saat ini belum pernah ke Pulau Ubi. Dia baru mengetahui lokasi pemakaman sang ayah lewat foto-foto dalam buku Fadli Zon. Sardjono lebih sering ke Pulau Onrust. Karena selama ini Sardjono mengetahui makam sang ayah ada di Pulau Onsurst, Kepulauan Seribu.

"Beberapa kali ke Onrust. Di sana ada kuburannya dan ada tulisannya juga di makam. Cuma saya tidak tahu aslinya itu kuburan siapa, belum ada tes forensik," kata putra bungsu Kartosoewirjo ini.

Mengenai adanya dua makam di dua pulau berbeda, ia tak mau berspekulasi jauh. Kata dia, bisa saja digali dari Pulau Ubi dan dipindahkan jasadnya ke Pulau Onrust. "Tapi apa itu pengalihan saja, itu saya tidak tahu," kata Sardjono.

Dalam buku yang diterbitkan Fadli Zon Library disebut, foto-foto itu merupakan jepretan 50 tahun lalu, 5 September 1962. Lokasinya berada di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu. Di lokasi itu Kartosoewirjo ditembak mati dan langsung dikuburkan. (umi)

United Tractors Tebar Dividen hingga Total Rp 8,2 Triliun
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

PDIP sebelumnya sudah tak akui lagi Jokowi dan Gibran sebagai kader partai.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024