Fakta di Balik Foto Eksekusi Kartosoewirjo

Kartosoewirjo menuju tiang penembakan
Sumber :
  • Fadli Zon Library

VIVAnews - Ketua Alumni Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Fadli Zon, dua tahun lalu mendapatkan 81 foto-foto jelang eksekusi imam DI/TII Kartosoewirjo. Dalam foto juga terlihat hari pelaksanaan tembak mati pada 5 September 1962.

Menurut Fadli, foto-foto itu menceritakan bagaimana prosesi eksekusi mati terhadap Kartosoewirjo, di mana lokasi eksekusinya, serta lokasi pemakamannya.

"Foto-foto di buku itu bercerita bahwa Kartosoewirjo dieksekusi mati dan dimakamkan di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu. Bukan di Pulau Onrust atau di pulau-pulau lain," ucap Fadli Zon dalam bedah bukunya di Galery Cipta II, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu 5 September 2012.

Fadli akui, publikasi dan dokumentasi mengenai Kartosoewirjo masih sangat minim. Bukti-bukti foto yang ditampilkan juga masih sangat terbatas.

Apalagi detik-detik terakhir Kartosoewirjo ketika menjalani eksekusi matinya. Padahal arsip foto adalah kekayaan yang sangat berharga dalam pengembangan sejarah.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mengakui bahwa foto-foto eksklusif tentang Kartosoewirjo itu memang sulit didapatkan. "Minimnya publikasi foto Kartosoewirjo tidaklah mengherankan, karena memang sangat sulit untuk memperolehnya," kata dia lagi.

Lantas jika memang sulit didapatkan, dari mana Fadli Zon mendapatkan 81 foto prosesi eksekusi mati Kartosoewirjo itu yang terjadi persis 50 tahun lalu itu? Fadli mendapatkannya sekitar dua tahun lalu dari tangan kolektor. Berapa harganya, Fadli masih menutup rapat.

Fadli Zon menambah koleksi Fadli Zon Library dengan menerbitkan buku setebal 91 halaman yang diberi judul, "Hari Terakhir Kartosoewirjo: 81 Foto Eksekusi Mati Imam DI/TII". Dalam buku itu terdapat 81 foto-foto Kartosoewirjo yang belum pernah dipublikasikan.

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Tahun lalu, Sardjono Kartosoewiryo, anak ke-12 tokoh pencetus Negara Islam Indonesia (NII) itu menyampaikan bahwa sang ayah dimakamkan di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu. Sardjono sudah berziarah pada 2010.

Tapi di makam itu tidak tertulis nama Kartosoewirjo. Hanya tertulis, "Makam salah satu tokoh DI/TII yang dieksekusi tahun 1964". Padahal Kartosoewirjo dieksekusi pada 1962. Berikut wawancara VIVAnews dengan (umi)

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersama capres-cawapres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat, 29 Maret 2024

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengucapkan selamat, atas kemenangan yang diraih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada kontestasi Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024